kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah Besaran Gaji Polwan Tiap Bulannya, Dari Pangkat Terendah Hingga Tertinggi


Senin, 17 Januari 2022 / 07:21 WIB
Inilah Besaran Gaji Polwan Tiap Bulannya, Dari Pangkat Terendah Hingga Tertinggi
ILUSTRASI. Gaji polwan setara dengan gaji polisi, sehingga pendapatannya tetap dan bisa naik pangkat. ANTARA FOTO/Irfan Anshori

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berapa gaji seorang polisi wanita atau polwan? Asal tahu saja, gaji polwan sama dengan gaji polisi. Besarannya tergantung pada pangkatnya. 

Pekerjaan polisi tidak hanya digeluti oleh laki-laki saja, tetapi wanita juga bisa menjadi polisi. Meskipun jumlah polwan lebih sedikit dari polisi laki-laki. Namun, ini tidak menyurutkan impian seorang wanita untuk turur melayani masyarakat dengan menjadi polwan. 

Sebab, gaji polwan setara dengan gaji polisi, sehingga pendapatannya tetap dan bisa naik pangkat. Tugas polwan yang mengabdi pada masyarakat ini sangat mulia, sehingga seorang polwan akan disegani di tengah masyarakat. Mengenakan seragam polwan juga menjadi kebanggaan tersendiri. 

Meskipun seleksi menjadi calon polwan cukup sulit karena harus menghadapi saingan calon polisi laki-laki, namun ternyata yang berminat menjadi polwan cukup banyak. Padahal gaji polwan atau gaji polisi pangkat terendah hanya sekitar Rp 1 jutaan, belum termasuk tunjangan. 

Baca Juga: Tenaga Honorer Tak Dipakai Lagi di Pemerintahan Mulai 2023, Hanya Ada PNS & PPPK

Lantas berapa gaji polwan serta rincian pangkat polisi dan gajinya? 

Gaji polwan termasuk gaji polisi 

Gaji polwan relatif sama dengan anggota TNI berdasarkan jenjang kepangkatannya. Begitu pun dengan tunjangannya tidak jauh berbeda dengan PNS. Gaji polwan atau gaji polisi diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2001 tentang Peraturan Gaji Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia. 

Berapa gaji polwan dan gaji polisi tergantung pada pangkat, jabatan, dan lama masa tugasnya yakni dari 0 tahun hingga 31 tahun. 

Baca Juga: Kemenhan Dukung ASN Jadi Komponen Cadangan



TERBARU

×