kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Iklan Grab berjudul Indonesia Bisalah paling disukai selama Ramadhan


Minggu, 18 Juli 2021 / 04:45 WIB
Iklan Grab berjudul Indonesia Bisalah paling disukai selama Ramadhan

Reporter: Muhammad Julian | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kantar Indonesia memberikan penghargaan kepada 10 brand dengan iklan yang paling disukai pada ajang Most Loved Indonesian Ramadhan Ads 2021 pada bulan Juli ini.

Kesepuluh brand tersebut yaitu Grab dengan iklan ‘Indonesia Bisalah’, ProChiz (Spesialkan Momen Lebaran), Marjan (Rayakan Kemenangan), Gojek (Kiriman Bermakna), Djarum (Selamat Menunaikan Ibadah Puasa), Aqua (Sambut Kebaikan Ramadhan), Unilever, Pancarkan Semangat Ramadhan), Sprite (No Bokis), Tokopedia (Dekatkan yang Jauh), dan Bear Brand (Niat Murni).

Managing Director Kantar Indonesia, Suresh Subramanian mengatakan, iklan-iklan dengan tema fantasi dan humor yang dapat mengurangi beban mental konsumen merupakan iklan-iklan yang paling disukai pada Ramadhan tahun ini.

Baca Juga: Geser posisi Apple, Xiaomi jadi produsen ponsel pintar terbesar kedua di dunia

“Tahun ini, Ramadhan menjadi lebih sosial karena orang-orang Indonesia mencari kesenangan dari kelelahan atas pandemi,” kata Suresh dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/7).

Penilaian pada ajang Most Loved Indonesian Ramadhan Ad 2021 didasarkan pada data survei  terhadap 1.000 konsumen di seluruh Indonesia. Pada survei tersebut, responden diminta untuk menggambarkan iklan yang mereka ingat dan sukai.

Dari situ, Kantar Indonesia mengidentifikasi bagaimana iklan-iklan tersebut terlihat menonjol dan terkoneksi secara dalam dengan konsumen.

Ada 4 tema umum kesukaan konsumen yang Kantar Indonesia identifikasi di tahun 2021 ini, yaitu tema fantasi sebagai sumber hiburan, tema kebaikan, kegembiraan atas personalisasi dan koneksi, serta tema soal bertumbuh dalam keadaan sulit.

Pada ajang ini, Grab memenangkan penghargaan sebagai iklan Ramadan ‘Most Loved’ dan ‘Most Unique’ di Indonesia. Iklan ‘Indonesia Bisalah’ memenangkan hati konsumen Indonesia melalui humornya.

“Demonstrasi yang berlebihan atas permasalahan pelanggan dan solusi yang ditawarkan terlihat lucu dan unik pada saat yang sama,” kata Suresh.

Prochiz dengan iklannya, yakni ‘Spesialkan Momen Lebaran’, memenangkan iklan Ramadan ‘Most Enjoyable’. Iklannya yang bercerita tentang  asisten rumah tangga yang tidak bisa mudik lebaran karena kondisi keuangan lalu mendapat kejutan untuk mudik dari keluarga tempatnya bekerja itu dianggap patut menyabet memenangkan nominasi tersebut.

Baca Juga: Tempo Inti Media (TMPO) bakal bawa tempo.co melantai di bursa pada akhir 2021

Tokopedia dengan iklan Ramadhan ‘Dekatkan yang Jauh’ mendapatkan ‘Most Buzzworthy’ award. Iklan tersebut diyakini mendorong audiens untuk mengirimkan parsel sebagai tanda peduli dan kebaikan.

Berikutnya, Bear Brand dengan iklan ‘Niat Murni’ meraih penghargaan untuk ‘Fostering Community Empathy’. Iklan tersebut dipercaya cukup autentik dalam memberikan tema yang beresonansi dengan empati komunitas.

Di samping itu, Iklan ‘Niat Murni’ juga menghadirkan tema inklusivitas melalui penggambaran bagaimana kita dapat berbagi dengan orang dengan disabilitas.

Sementara itu, Gojek ‘Kiriman Bermakna’ memenangkan penghargaan untuk ‘Consistently Breaking the Mold’ oleh juri karena upaya terus-menerus untuk memecahkan template iklan Ramadhan dari tahun ke tahun.

“Gojek secara konsisten menunjukkan tema mereka yang unik namun tetap relevan untuk menarik penonton pada bulan Ramadhan,” kata Suresh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×