Idul Adha 10 Juli 2022, Inilah Kriteria Hewan Kurban yang Baik dari Kemenag

Sabtu, 02 Juli 2022 | 04:10 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Idul Adha 10 Juli 2022, Inilah  Kriteria Hewan Kurban yang Baik dari Kemenag


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa minggu terakhir menjelang Hari Raya Idul Adha 2022, penyakit mulut dan kuku atau PMK pada hewan ternak kerap dijumpai. Di sejumlah wilayah Indonesia, peternak sapi dan kambing mengutarakan kegundahannya atas wabah PMK.

Apa itu PMK? 

Melansir laman ugm.ac.id, PMK merupakan penyakit yang menyerang hewan ternak yang disebabkan oleh virus yang sifatnya merusak jaringan sel.

“Penyakit ini merupakan penyakit akut, cepat, mendadak kemudian sangat menular dan sangat infeksius. Bisa mengenai ruminansia, babi, dan juga sejenis rusa,” ujar drh. R. Wasito, Dosen FKH UGM, dalam Bincang Desa Apps UGM pada Sabtu (21/5). 

Dalam beberapa kasus, tanda gejalanya sudah muncul dalam waktu kurang dari 24 jam setelah virus menginfeksi. Virus ini akan berkembang dalam jaringan faring, kulit, dan menyebar keseluruh tubuh melalui sirkulasi darah kemudian akan terbentuk lepuh pada faring.

“Gejala awal akut yaitu hipersalivasi (saliva berlebih), sapi tampak tidak bahagia, demam, dan nafsu makan menurun. Kalau gejala sudah kronik akan terbentuk lepuh, erosi, dan mengelupas,” ungkap Wasito.

Baca Juga: Harga Daging Sapi di Daerah Sentra Produsen Turun Akibat PMK

Walaupun banyak sumber yang menyatakan penyakit ini tidak menular ke manusia, tetapi ditemukan beberapa kasus penularan ke manusia. Yaitu pada tahun 1834, manusia terinfeksi dari meminum susu sapi yang terinfeksi PMK serta pada tahun 1966 yang tercatat menjadi kasus infeksi FMK terakhir pada manusia.

Berkaca pada kejadian tersebut, menjelang Idul Adha, masyarakat diminta waspada saat membeli hewan kurban. 

Pemerintah juga sudah mengeluarkan Surat Edaran Menag Nomor 10 Tahun 2022 yang mengatur tentang pelaksanaan kurban terkait syarat hewan kurban di tengah wabah PMK. 

Syarat hewan kurban

Mengutip indonesiabaik.id, ini adalah kriteria hewan kurban untuk pelaksanaan ibadah Hari Raya Idul Adha 1443 H yang jatuh pada tanggal 10 Juli 2022:

1. Jenis hewan ternak, yaitu: unta, sapi, kerbau, dan kambing.

- Unta minimal umur 5 tahun
- Sapi dan kerbau minimal umur 2 tahun
- Kambing minimal umur 1 tahun

Baca Juga: Tangani PMK Hewan Ternak, Pemerintah Deklarasi Gerakan Disinfeksi Nasional

2. Tidak menunjukkan gejala klinis PMK seperti lesu, lepuh pada permukaan selaput mulut ternak termasuk lidah, gusi, hidung, dan teracak atau kuku.

3. Tidak mengeluarkan air liur atau lendir berlebihan.

4. Tidak memiliki cacat, seperti buta, pincang, patah tanduk, putus ekor, atau mengalami kerusakan daun telinga kecuali yang disebabkan untuk pemberian identitas.

Terakhir, umat Islam diimbau untuk membeli hewan kurban yang sehat dan tidak cacat sesuai dengan kriteria, serta menjaganya agar tetap dalam keadaan sehat hingga hari penyembelihan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru