kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hormati sang legenda, markas Napoli resmi jadi Stadion Diego Armando Maradona


Sabtu, 05 Desember 2020 / 14:15 WIB
Hormati sang legenda, markas Napoli resmi jadi Stadion Diego Armando Maradona

Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Napoli resmi mengganti nama markasnya menjadi Stadion Diego Armando Maradona. Perubahan nama stadion itu sudah disetujui oleh pemerintah kota Naples pada Jumat (4/12) waktu setempat. 

"Dengan resolusi yang disetujui hari ini, stadion itu dinamai Diego Armando Maradona," demikian pernyataan pemerintah kota Naples, seperti dikutip dari Football Italia. 

“Resolusi itu diusulkan oleh Walikota Luigi de Magistris, oleh Anggota Dewan Toponymy Alessandre Clemente dan ditandatangani oleh seluruh Dewan Kota, yang bertemu di Palazzo San Giacomo," sambung pernyataan tersebut. 

Baca Juga: Sahabat ungkap pesan Maradona, ingin jasadnya diawetkan dan dipamerkan

Kadang bagi klub Napoli ini sedianya bernama San Paolo, berganti nama menjadi Stadion Diego Armando Maradona untuk menghormati legenda mereka, Maradona, yang wafat pada 25 November lalu karena gagal jantung. 

Napoli diperkuat Maradona pada rentang 1984-1991 dan sempat menjadi raja Italia dan Eropa dalam periode itu. 

Bersama "Si Tangan Tuhan", Il Partenopei dua kali juara Liga Italia (1986-1987 dan 1989-1990) dan satu Piala UEFA (1988-1989), yang saat ini bernama Liga Europa. 

Itu adalah dua scudetto pertama dan terakhir yang dimiliki Napoli hingga saat ini. Begitu juga dengan Piala UEFA, yang masih menjadi gelar satu-satunya di Napoli di kancah Eropa. 

Selain mengubah nama stadion, Napoli sebelumnya juga telah memensiunkan nomor 10. Hal itu juga ditujukan untuk menghormati Maradona, yang sepanjang kariernya di Napoli mengenakan nomor tersebut. 

Meski sudah resmi, Napoli tidak bisa segera memakai Stadion Diego Armando Maradona. Sebab, pasukan Gennaro Gattuso pada akhir pekan ini memainkan laga tandang di Liga Italia melawan Crotone, Senin (7/12) dini hari. 

Baca Juga: Maradona meninggal dunia, ini kisah si "Tangan Tuhan" dengan mobil-mobilnya

Napoli kemungkinan besar baru bisa bermain di stadion tersebut saat berlaga di Liga Europa tengah pekan depan. Mereka dijadwalkan menjamu Real Sociedad pada Jumat (11/12) dini hari WIB. (Faishal Raihan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resmi, Markas Napoli Berubah Nama Jadi Stadion Diego Armando Maradona".

Selanjutnya: Perjalanan hidup Diego 'The Golden Boy' Maradona

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×