Nasional

Hore! Dana tabungan perumahan untuk pensiun PNS dan ahli waris sudah masuk rekening

Rabu, 20 Januari 2021 | 10:03 WIB Sumber: Kompas.com
Hore! Dana tabungan perumahan untuk pensiun PNS dan ahli waris sudah masuk rekening

ILUSTRASI. Dana Tabungan Perumahan bagi 367.740 PNS pensiun atau ahli waris telah dicairkan oleh BP Tapera. KONTAN/Cheppy A. Muchlis

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ini kabar gembira bagi pensiun PNS dan ahli waris. Pasalnya, dana Tabungan Perumahan (Taperum) bagi 367.740 PNS pensiun atau ahli waris telah dicairkan oleh BP Tapera bekerja sama dengan PT Taspen (Persero). 

Tahap pertama dicairkan sebesar Rp 1,5 triliun pada 19 Januari 2021, dan tahap berikutnya Rp 1,5 triliun pada Februari 2021. Pengembalian dana tersebut dilakukan sesuai hasil likuidasi aset Bapertarum-PNS yang kemudian diperhitungkan sebagai saldo Taperum untuk setiap individu PNS. 

Dana Taperum bagi PNS pensiun ditransfer langsung ke rekening masing-masing yang tercatat dalam data PT Taspen (Persero). 

Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR R Haryo Bekti Martoyoedo menuturkan, Kementerian PUPR telah membentuk Tim Likuidasi Aset Bapertarum-PNS yang melibatkan Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PAN RB, dan BKN. 

Baca Juga: BP Tapera gandeng Taspen perlancar pengembalian dana Taperum bagi pensiunan PNS

"Pembentukan tim ini berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera)," ungkap Haryo dalam konferensi virtual, Selasa (19/1/2021). 

Haryo menjelaskan, Tim Likuidasi tersebut telah melakukan perhitungan dan penetapan Dana Taperum yang kemudian dialihkan ke BP Tapera secara bertahap pada Desember 2020 dan Januari 2021. 

Baca Juga: Tahun 2021, Kementerian PUPR targetkan program FLPP hingga 157.500 unit

Dana Taperum yang telah dialihkan tersebut dikembalikan kepada PNS pensiun atau ahli waris yang dilakukan secara langsung serta kepada PNS aktif sebagai saldo awal Tapera. Sejak Bapertarum-PNS dibubarkan, Dana Taperum dikembalikan kepada PNS yang pensiun hingga April 2019. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie


Terbaru