kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hanya hitungan menit, rudal hipersonik Tsirkon Rusia hantam target sejauh 350 km


Senin, 19 Juli 2021 / 23:10 WIB
Hanya hitungan menit, rudal hipersonik Tsirkon Rusia hantam target sejauh 350 km

Sumber: TASS | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Fregat Admiral Gorshkov berhasil menguji coba rudal hipersonik Tsirkon terhadap target permukaan laut pada jarak lebih dari 350 km dan kecepatan penerbangan mencapai 7 Mach, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada Senin (19 Juli).

“Menurut data pemantauan langsung, rudal Tsirkon berhasil mengenai target secara langsung pada jarak lebih dari 350 km. Selama pengujian, karakteristik taktis dan teknis dikonfirmasi,” kata Kementerian Pertahanan Rusia, seperti dikutip TASS.

Kecepatan penerbangan rudal hipersonik Tsirkon mencapai hampir 7 Mach atau kecepatan suara. Ini setara nyaris 8.643,6 km per jam. Berarti, target sejauh 350 km bisa Tsirkon capai dalam hitungan menit saja.

Fregat Admiral Gorshkov melakukan uji coba penembakan rudal hipersonik dari Laut Putih. Sementara target permukaan terletak di pantai Laut Barents.

Baca Juga: Putin sebut sistem senjata unik terbaru Rusia bakal siap tempur, ini daftarnya

Itu bukan uji coba pertama, melainkan yang kesekian kali. Sebelumnya, Admiral Gorshkov menembakkan rudal jelajah hipersonik Tsirkon dari Laut Putih terhadap target di Chizha di Wilayah Arkhangelsk pada khir tahun lalu.

Rudal Tsirkon berhasil mencapai sasaran yang berada di pantai pada jarak lebih dari 350 kilometer. "Rudal itu terbang dengan kecepatan lebih dari Mach 8," ungkap Kementerian Pertahanan Rusia ketika itu, seperti dilansir TASS.

Kecepatan di atas Mach 8 atau 8 kali kecepatan suara setara dengan 9.878,4 kilometer per jam. Itu berarti, penerbangan rudal hipersonik Tsirkon itu berlangsung sekitar 3 menit untuk menghantam target di Chizha pada jarak 350 kilometer. 

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, ada rencana untuk melengkapi kapal selam Angkatan Laut negeri beruang merah dengan sistem Tsirkon.

Selanjutnya: Admiral Gorshkov, fregat canggih Rusia penguji coba rudal hipersonik Tsirkon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

×