kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gandeng Warung Pangan besutan PT BGR Logistics, Perum Perindo penetrasi ke swalayan


Jumat, 11 Juni 2021 / 07:00 WIB
Gandeng Warung Pangan besutan PT BGR Logistics, Perum Perindo penetrasi ke swalayan

Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan Umum Perikanan Indonesia atau Perum Perindo bakal mengembangkan brand ritel produk perikanan IKANAKU menjadi mass product yang berskala besar.

Dalam hal ini Perum Perindo menggandeng Warung Pangan besutan PT BGR Logistics untuk penetrasi pasar ke swalayan, minimarket dan supermarket.

Direktur Operasional Perum Perindo Raenhat Tiranto Hutabarat mengatakan, IKANAKU akan merambah pasar yang lebih besar karena selama ini produk IKANAKU hanya dikenal dari mulut ke mulut.

Baca Juga: Penggabungan Perindo dan Perinus bakal dongkrak kegiatan ekspor perikanan tanah air

IKANAKU juga baru dipasarkan melalui platform digital e-commerce, sosial media dan layanan ojek online dalam jaringan.

“Kami mengencangkan kolaborasi Warung Pangan di titik-titik distribusi lokasi untuk produk IKANAKU, dan arahnya nanti bisa masuk supermarket atau shopping mall,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Rabu (9/6/2021).

Perum Perindo sedang mempersiapkan brand IKANAKU menjadi mass product supaya dikenal dan dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

Dengan penetrasi pasar yang luas, lanjut Raenhat, akan mempermudah masyarakat dalam mengonsumsi hasil laut dan tambak. 

Perum Perindo terus melakukan penelitian dan pengembangan dalam hal produk bernilai tambah.

Produk bernilai tambah atau added value saat ini yang sudah dipasarkan dalam brand IKANAKU adalah tuna steak, dori fillet, marlin fillet, udang kupas, kerapu fillet, kakatua fillet, cumi ring dan cumi tube.

Saat ini Perum Perindo terus mengembangkan produk siap saji atau ready to eat untuk terus menumbuhkembangkan minat masyarakat dalam mengonsumsi hasil laut dan tambak.

Perusahaan juga sedang mempelajari terkait jaminan mutu produk, supply, ketersedian ikan, dan harga pokok penjualan (HPP), untuk bisa lolos ke ritel di pusat perbelanjaan.

Kendati begitu, tantangan terbesar untuk merambah tenant di shopping mall adalah biaya. Oleh karena itu, strategi awal Perum Perindo yaitu memasukkan stok ikan di Warung-Warung Pangan baik online maupun offline (Warung Pangan Mart).

Baca Juga: Perum Perindo gali ekspor ke Jepang, Thailand dan Vietnam

Warung Pangan Mart ini merupakan pengambangan dari Aplikasi Warung Pangan. Lebih jelasnya, Warung Pangan adalah aplikasi mobile yang bekerjasama dengan BUMN Klaster Pangan serta jaringan supplier lainnya yang dapat digunakan oleh UMKM untuk membeli dan menjual ketersediaan komoditas pangan di tempat usahanya kepada masyarakat luas

Atas dasar ini, Perum Perindo meraih penghargaan dari Markplus Inc bertajuk  The Most Promising Company in Entrepreneurial SOE, BUMN Marketeers Award 2021, Rabu (9/6/2021).

Penghargaan  ini menunjukkan bahwa Perum Perikanan Indonesia terus berinovasi dan membangun startegi pemasaran yang kreatif dan inovatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

×