kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Diplomat AS dan Rusia Akui Sulit Hasilkan Terobosan Tapi Bisa Kurangi Ketegangan


Sabtu, 22 Januari 2022 / 07:00 WIB
Diplomat AS dan Rusia Akui Sulit Hasilkan Terobosan Tapi Bisa Kurangi Ketegangan

Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JENEWA. Pertemuan diplomat top Rusia dan Amerika Serikat (AS) yang dimulai di Swiss pada Jumat (21/1) tampaknya tidak menghasilkan keputusan yang memuaskan. 

Bahkan perbedaan antara AS dan Rusia terkait Ukraina dinilai belum bisa mengecil persoalan yang ada. Kendati begitu, AS masih berharap pertemuan itu dapat meredakan ketegangan.

Melansir Reuters, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di Hotel Presiden Wilson tempat pertemuan mereka berlangsung.

Baca Juga: Perkuat Keamanan Kawasan, Iran, China dan Rusia Gelar Latihan Perang

Dalam pertemuan itu, Lavrov mengatakan kepada Blinken bahwa dia tidak mengharapkan terobosan pada pembicaraan di Jenewa. "Proposal (kami) sangat konkret dan kami menunggu jawaban yang sama konkretnya," kata Lavrov seperti dilansir Reuters.

"Ini adalah momen kritis. Anda benar: Kami tidak berharap untuk menyelesaikan perbedaan kami di sini hari ini," kata Blinken dalam sambutan pembukaannya.

"Tapi saya berharap dan berharap bahwa kita dapat menguji apakah jalur diplomasi, dialog tetap terbuka. Kami berkomitmen untuk menempuh jalan itu, untuk menyelesaikan perbedaan kita secara damai dan saya berharap untuk menguji proposisi itu hari ini," tambah Blinken.

Baca Juga: Biden: Jika Putin Serang Ukraina, Rusia akan Membayar Harga yang Mahal

Harapan Washington untuk membangun front persatuan oposisi terhadap Moskow diperumit oleh komentar Presiden AS Joe Biden pada konferensi pers pada hari Rabu di mana ia memperkirakan Rusia akan "masuk" ke Ukraina dan mengatakan Moskow akan membayar mahal. 

"Pernyataan Presiden Biden tidak membantu, bahkan jika dia mengoreksi dirinya sendiri nanti," kata Thomas Kleine-Brockhoff, wakil presiden di kantor Berlin dari Dana Marshall Jerman Amerika Serikat.



TERBARU

×