kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China uji coba kapal amfibi terbaru Type 075 China, ini kehebatannya


Rabu, 23 Desember 2020 / 17:25 WIB
China uji coba kapal amfibi terbaru Type 075 China, ini kehebatannya

Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Angkatan Laut China pada hari Selasa (22/12) resmi menerjunkan unit kapal amfibi baru dalam uji coba langsung di laut. Kapal amfibi yang diuji kali ini merupakan unit Type 075 kedua yang pertama kali diperkenalkan bulan April lalu.

Dikutip dari Global Times, saat ini masih ada satu unit Type 075 yang sedang dalam proses pembuatan. Bagi militer China, kemampuan amfibi seperti ini dinilai sangat penting di wilayah seperti Selat Taiwan dan Laut China Selatan.

Pada hari Selasa, unit Type 075 terlihat meninggalkan Galangan Kapal Hudong Zhonghua di tepi Sungai Huangpu di Shanghai dan berlayar menuju Laut China Timur untuk uji pelayaran untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Patroli udara gabungan Rusia-China terlihat melintasi wilayah laut Jepang

Uji coba ini sebenarnya telah diprediksi sebelumnya, karena pada hari Senin (21/12) administrasi keselamatan maritim Shanghai mengeluarkan pembatasan navigasi terkait akan keluarnya sebuah kapal dari galangan kapal tersebut.

Para analis militer China menilai pengembangan unit kedua kapal amfibi China ini lebih cepat dari unit pertama. Sebagai perbandingan, unit Type 075 pertama baru melakukan uji coba 10 bulan setelah diperkenalkan. Sementara unit keduanya sudah berhasil setelah 8 bulan diperkanalkan.

Global Times melaporkan bahwa uji coba pertama ini kemungkinan akan berlangsung selama 19 hari.

Kemampuan kapal amfibi Type 075

Angkatan Laut China sudah mulai mengembangkan kapal amfibi jenis ini sejak tahun 2011 silam. Dalam proyek tersebut, pembangunan kapal pengangkut helikopter seberat lebih dari 30.000 ton menjadi fokus utamanya.

Baca Juga: Dipimpin Shandong, kelompok kapal perang China berlayar ke Laut Cina Selatan



Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

×