Global

China mengerahkan taktik perang zona abu-abu untuk menaklukkan Taiwan

Sabtu, 20 Maret 2021 | 10:30 WIB Sumber: Reuters
China mengerahkan taktik perang zona abu-abu untuk menaklukkan Taiwan

KONTAN.CO.ID -  TAIPEI. Kementerian Pertahanan Taiwan menuding China tengah memperkuat kemampuan militernya untuk menyerang dan memblokir Taiwan. China juga mengerahkan rudal jarak jauh untuk mencegah pasukan asing membantu Taiwan jika terjadi perang dan menggunakan perang psikologis untuk merusak kepercayaan diri militer Taiwan.

Kementerian Pertahanan Taiwan dalam peninjauan pertahanan setiap empat tahun, yang salinannya dilihat oleh Reuters, memperingatkan bahwa China mengerahkan taktik perang "zona abu-abu" untuk menaklukkan pulau yang diklaim China, berusaha untuk melemahkan Taiwan dengan latihan berulang kali dan aktivitas di dekat wilayah udara dan perairannya.

"China terus memodernisasi militernya dan meningkatkan kemampuannya dalam perang dengan Taiwan," katanya seperti dilansir Reuters, Jumat (19/3).

Kementerian Pertahanan China tidak menanggapi permintaan komentar terkait tudingan ini.

Baca Juga: Jelang pertemuan Alaska, ini peringatan keras China kepada AS

China memandang Taiwan yang demokratis sebagai wilayahnya sendiri, dan telah meningkatkan aktivitas militer dalam beberapa bulan terakhir, berusaha untuk menegaskan kedaulatannya dan mengungkapkan ketidaksenangan atas dukungan Washington untuk pulau itu.

Ulasan Kemenhan Taiwan tersebut menawarkan rincian yang serius tentang ancaman yang dihadapi Taiwan dari angkatan bersenjata terbesar di dunia.

Dikatakan, China sedang membangun duplikat fasilitas pertahanan Taiwan sehingga bisa melatih untuk menyerang mereka dan melakukan latihan pendaratan untuk mensimulasikan invasi Taiwan.

China memiliki kemampuan untuk menutup sebagian pelabuhan utama dan rute laut Taiwan serta memutus transportasi laut ke pulau itu, sementara penyebaran rudal jarak jauhnya ditujukan untuk menghentikan pasukan asing yang membantu Taiwan.

"Permusuhan dan ancaman China terhadap kami telah meningkat, meningkatkan risiko kecelakaan dan konflik serta menghancurkan stabilitas dan perdamaian di Selat Taiwan," kata laporan itu.

Baca Juga: China semakin menekan, Taiwan bangun armada kapal selam serang dengan dukungan AS

Pesawat China, termasuk drone, terbang berulang kali di zona identifikasi pertahanan udara Taiwan, berusaha melemahkan angkatan udara Taiwan, tambah laporan itu. China juga menyebarkan "berita palsu" di Taiwan untuk mencoba dan "merusak kepercayaan pada negara itu", kata laporan itu.

Perdana Menteri China Li Keqiang mengatakan awal bulan ini bahwa China akan dengan tegas menghalangi aktivitas separatis yang mencari kemerdekaan Taiwan. 

Editor: Noverius Laoli
Terbaru