Global

China: Ada 5 kandidat vaksin Covid-19 dalam uji klinis fase III

Jumat, 20 November 2020 | 10:15 WIB Sumber: People's Daily
China: Ada 5 kandidat vaksin Covid-19 dalam uji klinis fase III


KONTAN.CO.ID - BEIJING. Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian pada hari Rabu (18/11/2020) mengatakan, ada lima kandidat vaksin Covid-19 China yang sedang dalam uji klinis Fase III di negara-negara asing. Sejumlah negara tersebut termasuk Uni Emirat Arab, Brasil, Pakistan, dan Peru.

Selain itu, sejumlah vaksin lainnya bergerak maju dengan uji klinis Tahap I dan Tahap II, kata Zhao pada konferensi pers.

Melansir People's Daily, dia mengatakan institut penelitian China dan personelnya telah melakukan upaya keras untuk mempromosikan penelitian vaksin sesuai dengan aturan dan peraturan ilmiah. Zhao mengatakan, pemerintah China dan perusahaan negara telah berpartisipasi aktif dalam kerjasama internasional di bidang vaksin melalui saluran bilateral dan multilateral.

China bergabung dengan COVAX, sebuah inisiatif internasional yang bertujuan untuk memastikan akses global yang adil atas vaksin Covid-19 untuk semua negara pada bulan lalu. Negara tersebut telah berulang kali menyatakan bahwa setelah berhasil mengembangkan dan menyebarkan vaksin Covid-19 yang aman dan efektif, vaksin tersebut akan menjadi barang publik global.

Baca Juga: Hampir 1 juta orang gunakan vaksin Sinopharm di China, begini hasilnya

China mengharapkan COVAX untuk memasukkan vaksin China buatan lokal ke dalam daftar pembelian setelah berhasil dalam penelitian dan pengembangan vaksin. Menurutnya, langkah tersebut akan berkontribusi untuk meningkatkan aksesibilitas dan keterjangkauan vaksin di negara berkembang.

Mengutip People's Daily yang melansir laporan terbaru di jurnal medis The Lancet, vaksin Covid-19 eksperimental Sinovac Biotech, CoronaVac, memicu respons kekebalan yang cepat selama uji coba tahap tengah.

Laporan tersebut telah sepenuhnya menunjukkan bahwa vaksin China aman dan efektif, kata Zhao.

Baca Juga: Vaksin COVID-19 Sinovac memicu respons imun yang cepat

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie


Terbaru