kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Vaksin COVID-19 Sinovac memicu respons imun yang cepat


Rabu, 18 November 2020 / 11:06 WIB
Vaksin COVID-19 Sinovac memicu respons imun yang cepat

Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA / BEIJING. Vaksin COVID-19 eksperimental Sinovac Biotech, CoronaVac, memicu respons imun yang cepat, tetapi tingkat antibodi yang dihasilkan lebih rendah daripada orang yang telah pulih dari penyakit tersebut, hasil uji coba pendahuluan menunjukkan pada hari Rabu.

Sementara uji coba tahap awal hingga pertengahan tidak dirancang untuk menilai kemanjuran CoronaVac, para peneliti mengatakan itu dapat memberikan perlindungan yang cukup, berdasarkan pengalaman mereka dengan vaksin lain dan data dari studi praklinis terhadap kera.

Studi ini menjadi panas setelah berita optimis bulan ini dari pembuat obat AS Pfizer dan Moderna serta Rusia yang menunjukkan vaksin eksperimental mereka lebih dari 90% efektif berdasarkan data sementara dari uji coba tahap akhir yang besar.

CoronaVac dan empat vaksin eksperimental lainnya yang dikembangkan di China saat ini sedang menjalani uji coba tahap akhir untuk menentukan keefektifannya dalam mencegah COVID-19.

Temuan Sinovac, yang diterbitkan dalam makalah yang ditinjau oleh rekan sejawat di jurnal medis The Lancet Infectious Diseases, berasal dari hasil uji klinis Fase I dan Fase II di China yang melibatkan lebih dari 700 peserta.

Baca Juga: Membandingkan vaksin Covid-19 Moderna dan Pfizer-BioNtech, mana yang lebih unggul?

“Temuan kami menunjukkan bahwa CoronaVac mampu memicu respons antibodi yang cepat dalam empat minggu setelah imunisasi dengan memberikan dua dosis vaksin pada interval 14 hari,” Zhu Fengcai, salah satu penulis makalah tersebut, mengatakan.

"Kami percaya bahwa ini membuat vaksin cocok untuk penggunaan darurat selama pandemi," kata Zhu dalam pernyataan.

Para peneliti mengatakan temuan dari studi besar tahap akhir, atau uji coba Fase III, akan sangat penting untuk menentukan apakah respons kekebalan yang dihasilkan oleh CoronaVac cukup untuk melindungi orang dari infeksi virus corona.

Sinovac saat ini menjalankan tiga uji coba Tahap III di Indonesia, Brasil, dan Turki.

Hasil harus diinterpretasikan dengan hati-hati sampai hasil Tahap III dipublikasikan, Naor Bar-Zeev, seorang profesor dari Universitas Johns Hopkins yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut, mengatakan.

“Tapi meski begitu, setelah uji coba Tahap III dan setelah perizinan, kita harus tetap berhati-hati,” ujarnya.

Selanjutnya: Jokowi pastikan vaksin Covid-19 yang digunakan Indonesia terdaftar di WHO

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×