kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Elon Musk Membangun Kekayaan Hingga Jadi Orang Terkaya Dunia


Kamis, 03 November 2022 / 00:37 WIB
Cara Elon Musk Membangun Kekayaan Hingga Jadi Orang Terkaya Dunia
Cara Elon Musk Membangun Kekayaan Hingga Jadi Orang Terkaya Dunia

Sumber: Daily Times,AS.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - Orang terkaya dunia Elon Musk telah menyelesaikan pembelian saham Twitter seharga US$ 44 miliar. Ia sekarang menjadi pemilik baru perusahaan media sosial tersebut setelah memborong seluruh sahamnya.

Lalu banyak orang yang penasaran dari mana saja pria berusia 51 tahun itu memperoleh kekayaannya? Padahal penurunan saham teknologi telah membuat kekayaan Elon Musk turun hampir US$ 58,6 miliar sejak awal tahun 2022n menurut Bloomberg Billionaires Index.

Kendati kekayaannya telah turun, tapi Elon Musk masih berada di puncak sebagai orang terkaya di dunia. Miliarder teknologi ini melihat kekayaannya meroket selama pandemi Covid-19 berlangsung.

Kekayaan Elon Musk meroket dari hanya US$ 20 miliar pada awal tahun 2019 menjadi US$ 251 miliar pada tahun 2022. Kini pria kelahiran Pretoria Afrika Selatan ini telah menambahkan Twitter ke portofolionya seperti yang diumumkan pada Kamis (27/10/2022) kemarin.

Baca Juga: 8 Pemikiran Elon Musk yang Mendorong Dia Membeli Twitter, Inspiratif!

Elon Musk meroket ke status miliarder setelah ia memasuki klub elit tersebut pada tahun 2012. Sembilan tahun kemudian, Elon Musk berada di puncak daftar orang terkaya dunia.

Kekayaan Elon Musk terutama berasal dari kepemilikan sahamnya di perusahaan mobil listrik Tesla, dimana ia sekarang menjadi Chief Executive Officer (CEO).

Elon Musk juga telah berkecimpung dalam banyak proyek selama kariernya hingga saat ini. Mulai dari sistem pembayaran online, kecerdasan buatan dan transportasi di atas dan di bawah tanah serta ke luar angkasa. Komentar-komentarnya dapat mendorong nilai perusahaannya dan perusahaan lain, termasuk cryptocurrency melonjak atau jatuh.

Dari Afrika Selatan ke California

Nama lengkapnya adalah Elon Reeve Musk lahir di Petoria, Afrika Selatan tempat ia dibesarkan dan akan kuliah sebentar di Universitas. Elon Musk dilahirkan dalam keluarga kaya raya dan memiliki bakat teknologi dan kewirausahaan di usia muda. 

Elon Musk menulis dan menjual kode untuk video game ketika ia baru berusia 12 tahun. Tapi mimpinya terletak di sisi lain dunia yakni di Amerika Serikat.

Baca Juga: Parasut Emas untuk 3 Petinggi Twitter yang Dipecat senilai Rp 1,897 Triliun!

Ia sedikit beruntung karena ibunya kelahiran Kanada. Elon Musk pun bisa mendapat paspor Kanada untuk membangun dirinya di sana pada usia 17 tahun. Dia melakukan ini karena pengetahuan bahwa akan lebih mudah memasuki Amerika Serikat dari Kanada, dan ia berhasil menjadi warga negara AS pada tahun 2002.

Setelah belajar di Queens College di Ontario selama dua tahun, ia pindah ke Amerika Serikat dan pertama kali lulus dari University of Pennsylvania dengan gelar di bidang ekonomi dan kemudian gelar di bidang fisika.

Pada tahun 1995, ia menuju pantai barat untuk belajar fisika energi di Universitas Stanford, namun ia keluar setelah dua hari.

Baca Juga: Menyentuh Sekali, Ini Curhatan Komplet Elon Musk soal Alasan Membeli Twitter

Pada masa itu adalah era kejayaan ledakan internet dan Musk melihat lebih banyak peluang di internet daripada fisika. Dia memulai perusahaan pertamanya pada tahun yang sama.



TERBARU

×