Ekonomi

Cara dan syarat daftar jadi mitra Pertashop Pertamina, modal hanya Rp 80 juta

Jumat, 20 November 2020 | 21:10 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Cara dan syarat daftar jadi mitra Pertashop Pertamina, modal hanya Rp 80 juta


KONTAN.CO.ID - Pertamina membuka peluang kerja sama untuk masyarakat yang ingin berwirausaha menjual bahan bakar minyak (BBM) resmi melalui kemitraan bisnis Pertashop. 

Pertashop adalah SPBU mini yang resmi bekerja sama dengan Pertamina. Pertashop juga bisa menjadi alternatif bagi masyarakat yang memiliki modal terbatas untuk membuka SPBU. 

Harga yang dijual Pertashop juga sama dengan BBM yang dijual di SPBU Pertamina. Pasokan BBM juga rutin dipasok dari truk-truk tangki Pertamina.

Pertashop juga merupakan lembaga penyalur Pertamina skala kecil yang disiapkan untuk melayani kebutuhan konsumen BBM non-subsidi, LPG non-subsidi dan produk Pertamina Ritel lainnya yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina lain. 

Baca Juga: RPP Cipta Kerja Sektor Migas Tidak Jelas, Ada Potensi Komplikasi di Investasi Migas

Modal bisnis Pertashop atau SPBU mini Pertamina

Gerai Pertashop

Dikutip dari laman resmi kemitraan Pertamina, ada dua skema bisnis membuka usaha Pertashop atau SPBU mini Pertamina yakni skema DODO dengan biaya investasi dan biaya operasional seluruhnya ditanggung mitra. Untuk skema pertama, biaya yang diperlukan untuk investasi awal dan operasional adalah sebesar Rp 250 juta. 

Skema kedua adalah CODO atau biaya investasi dilakukan oleh Pertamina, sementara mitra hanya cukup mengeluarkan biaya untuk kebutuhan operasi. Modal yang dibutuhkan untuk skema kedua yakni sekitar Rp 80 juta. 

Pertamina juga memiliki ketentuan luas minimum dan kapasitas tangki untuk membuka bisnis Pertashop. Contohnya, untuk membuka usaha Pertashop Gold, maka luas minimum yang diperlukan yakni kurang lebih 210 meter persegi atau 15 x 14 meter.

Lalu tangki penyimpanan memiliki kapasitas 3 KL upper ground dengan omzet rekomendasi sebesar 400 liter per harinya. Untuk produk yang dijual di Pertashop antara lain Pertamax, Dexlite, LPG non-subsidi, dan pelumas. 

Baca Juga: SKK Migas undang investor garap Blok East Natuna yang miliki cadangan gas jumbo

Editor: Virdita Ratriani


Terbaru