kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BKPM: Pemberlakuan IE-CEPA dapat mendorong investasi dari negara EFTA


Senin, 30 November 2020 / 04:30 WIB
BKPM: Pemberlakuan IE-CEPA dapat mendorong investasi dari negara EFTA

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perjanjian kerja sama ekonomi komprehensif Indonesia-European Free Trade Association Comprehensive Economic Partnership (IE-CEPA) masih dalam proses ratifikasi dan ditargetkan akan rampung di tahun 2021.

Direktur Kerjasama Regional dan Multilateral Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Fajar Usman mengatakan, dengan diberlakukannya IE-CEPA maka ini bisa mendorong masuknya investasi dari negara EFTA. Hal ini dikarenakan dalam perjanjian tersebut khususnya chapter investasi, dilakukan pendekatan positive list yakni peluang pendirian investasi.

"Karena sifatnya kalau kita lihat ada sektor-sektor tertentu yang kita tawarkan, yang artinya dari sisi kebijakan dia lebih terbuka, sehingga lebih mendorong masuknya investasi dari luar," ujar Fajar dalam dalam webinar dengan tema Mendorong Peningkatan Investasi Melalui Indonesia-EFTA CEPA, Jumat (27/11).

Pendekatan positive list memang menjadi salah satu fitur yang ada dalam elemen akses pasar (liberalisasi), yakni isu yang dirundingkan dalam chapter investasi di IE-CEPA.   Pendekatan positive list ini artinya memberikan peluang pendirian investasi pada semua sektor dengan perlakuan non diskriminatif, kecuali diatur persyaratan tertentu dalam daftar komitmen liberalisasi.  

Baca Juga: Ratifikasi IE-CEPA ditargetkan rampung awal 2021

Selain elemen liberalisasi, isu lain yang dibahas dalam cakupan investasi dalam IE-CEPA, adalah fasilitas, hingga promosi. Dia menyebut, elemen perlindungan (protection) tidak dibahas dalam chapet ini karena elemenini akan dilakukan secara bilateral.

Fajar pun menyebutkan sektor non jasa (investasi) yang menjadi komitmen Indonesia pada IE-CEPA.. Berbagai sektor tersebut seperti pertanian dan perikanan,  energi,  pengelolaan air limbah, waste management, dan lainnya.

Meski diharapkan investasi dari negara EFTA bisa meningkat, Fajar mengakui pihaknya tak menetapkan target tertentu berapa besar investasi dari negara ini bisa dicapai. Tetapi dia mengatakan, IE-CEPA ini tak hanya mendorong investasi tapi bisa mendorong perdagangan dan lainnya.



TERBARU

×