kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bill Gates Bertemu Xi Jinping di Tengah Hubungan AS-China Masih Tegang


Sabtu, 17 Juni 2023 / 06:05 WIB
Bill Gates Bertemu Xi Jinping di Tengah Hubungan AS-China Masih Tegang

Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  BEIJING. Presiden China Xi Jinping menyebut Bill Gates "seorang teman lama" dan mengatakan dia berharap mereka dapat melakukan kegiatan bersama yang bermanfaat bagi China dan Amerika Serikat. 

Hal itu dikatakan Xi dalam pertemuan pertama presiden China dengan seorang pengusaha asing selama bertahun-tahun.

Dalam sebuah pertemuan di wisma tamu Diaoyutai Beijing, di mana para pemimpin China secara historis menerima tamu asing senior, Xi mengatakan kepada salah satu pendiri dan dermawan Microsoft itu bahwa dia sangat senang bertemu dengannya setelah tiga tahun dan menggambarkan Gates sebagai teman Amerika pertama yang dia temui tahun ini.

Baca Juga: Bill Gates Minta Elon Musk Urungkan Ambisinya ke Mars, Ini Alasannya

"Saya sering mengatakan dasar hubungan AS-Tiongkok terletak pada rakyatnya. Saya menaruh harapan saya pada rakyat Amerika," kata Xi dalam sebuah video yang disiarkan stasiun milik TV China CCTV.

“Dengan situasi global saat ini, kita dapat melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi kedua negara dan rakyat kita, kegiatan yang bermanfaat bagi umat manusia secara keseluruhan,” ujarnya.

Gates, yang tiba di Beijing pada hari Rabu, mengatakan kepada Xi bahwa dia "merasa terhormat" memiliki kesempatan untuk bertemu. 

"Kami selalu melakukan percakapan yang hebat dan kami akan memiliki banyak topik penting untuk didiskusikan hari ini. Saya sangat kecewa karena saya tidak bisa datang selama empat tahun terakhir, jadi sangat menyenangkan bisa kembali," ujar Gates.

Xi berhenti bepergian ke luar negeri selama hampir tiga tahun karena China menutup perbatasannya selama pandemi dan pertemuan internasionalnya sejak pembukaan kembali sebagian besar dilakukan dengan para pemimpin negara lainnya. Rencana pertemuannya dengan Gates pertama kali dilaporkan oleh Reuters.

Sejumlah CEO telah mengunjungi China sejak dibuka kembali awal tahun ini, tetapi sebagian besar telah bertemu dengan menteri pemerintah China.

Baca Juga: Bagi Elon Musk dan CEO Barat Lainnya yang ke China, Diam Adalah Emas

Gates mengundurkan diri dari dewan Microsoft pada tahun 2020 untuk fokus pada pekerjaan filantropi terkait kesehatan global, pendidikan, dan perubahan iklim.

Pertemuan terakhir yang dilaporkan antara Xi dan Gates terjadi pada tahun 2015, ketika mereka bertemu di sela-sela forum Boao di provinsi Hainan. Pada awal tahun 2020, Xi menulis surat kepada Gates berterima kasih kepadanya dan Yayasan Bill & Melinda Gates atas janji bantuan ke China, termasuk US$ 5 juta untuk perjuangan negara melawan COVID-19.



TERBARU

×