Berkah diskon PPnBM, penjualan mobil Daihatsu hingga Mei naik 14%

Rabu, 16 Juni 2021 | 09:45 WIB   Reporter: Vina Elvira
Berkah diskon PPnBM, penjualan mobil Daihatsu hingga Mei naik 14%

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hingga Mei 2021, pasar otomotif yang merupakan salah satu penggerak industri nasional mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Hal itu utamanya didukung oleh kebijakan pemerintah melalui program insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang tengah dinikmati masyarakat Indonesia dalam menstimulus pasar otomotif di tengah kondisi pandemi saat ini.

Salah satu agen pemegang merek (APM), PT Astra Daihatsu Motor (APM) ikut merasakan berkah dari insentif PPnBM tersebut. Tercatat, pada periode Januari–Mei 2021, penjualan ritel Daihatsu mencapai 54.000 unit atau tumbuh sekitar 14% dibandingkan periode yang sama tahun 2020. 

Pada sisi wholesales, penjualan Daihatsu naik hingga 20% mencapai sekitar 59.000 unit dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Capaian ini membuat Daihatsu berhasil tetap berada di peringkat kedua penjualan otomotif nasional dengan market share sebesar 17% untuk retail sales, dan 18,5% untuk wholesales.

Baca Juga: Adira Finance optimistis pembiayaan tahun ini terdorong perpanjangan diskon PPnBM

Selama kurang lebih lima buln, penjualan ritel Daihatsu didukung oleh tuga backbone utama, yakni Gran Max PU (pick up) sebanyak 15.231 unit, atau berkontribusi 28%, disusul Sigra 13.353 unit (24%), dan Terios 8.298 unit (15%).

“Daihatsu bersyukur, penjualan Daihatsu tumbuh sejalan dengan kenaikan pasar. Kami berharap, tren positif ini dapat terus berlangsung dengan capaian yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Terlebih, pemerintah telah memberikan dukungannya berupa insentif diskon pajak demi menstimulus pertumbuhan pasar otomotif,” ujar Marketing Customer Relations Division Head Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Selasa (15/6). 

Sedikit informasi, pemerintah resmi memperpanjang pemerian insentif PPnBM sebesar 100% untuk mobil berkapasitas di bawah 1.500 cc hingga Agustus mendatang. Keputusan tersebut diambil untuk membangkitkan kembali gairah usaha di tanah air, khususnya sektor industri, yang selama ini konsisten berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional.

Selanjutnya: Wow, estimasi harga Daihatsu Rocky 1.2 L yang termurah di bawah Rp 200 juta

 

Editor: Tendi Mahadi
Tag
Terbaru