kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini komentar Dafam Hotel Management terkait stimulus sektor pariwisata


Jumat, 19 Februari 2021 / 06:05 WIB
Begini komentar Dafam Hotel Management terkait stimulus sektor pariwisata

Reporter: Venny Suryanto | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah telah menyiapkan sejumlah stimulus sektor pariwisata. Stimulus tersebut salah satunya adalah program hibah pariwisata yang merupakan bagian dari program pemulihan ekonomi nasional (PEN) 2021 yang pada tahun lalu telah terserap 70% untuk hotel dan restoran.

Di tahun 2020, dana hibah pariwisata yang merupakan bagian dari program PEN 2021 tercatat sebesar Rp 3,3 triliun. Selain itu, pemerintah juga akan melanjutkan berbagai program stimulus dalam rangka PEN yang sudah berjalan tahun lalu, misalnya subsidi bunga, restrukturisasi kredit, dan KUR Pariwisata.

CEO Dafam Hotel Management, Andhy Irawan, mengatakan pihaknya sangat setuju dengan adanya kelanjutan stimulus PEN di tahun ini. Hal ini karena industri pariwisata masih merasakan dampak yang begitu dalam dari adanya pandemi Covid-19. 

“Kami setuju bila stimulus-stimulus itu dilanjutkan di tahun ini. Karena untuk mengurangi beban operasional hotel dan juga pemilik hotel supaya bisnis pariwisata tetap bisa berjalan sekalipun belum dalam situasi normal,” jelasnya kepada Kontan.co.id, Kamis (18/2). 

Baca Juga: Begini strategi Dafam Hotel Management (DHM) mengakali dampak PSBB dan PPKM

Andhy mengatakan, stimulus-stimulus tersebut harus diberlakukan segera dan perlu adanya model baru untuk menggairahkan sektor pariwisata terutama secara domestik. Misalnya, kolaborasi antara Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA), dan transportasi guna memberikan paket wisata yang murah kepada pelanggan. 

“Kemudian hotel, transport dan destinasi menjadi satu yang diberikan subsidi oleh Kementerian Pariwisata dan masih banyak ide yang bisa di explore untuk membangunkan gairah industri wisata meski dalam situasi yang tak pasti,” katanya. 

Adapun ia juga berharap bahwa pemerintah bisa melibatkan semua pihak di sektor pariwisata guna mengeksekusi dan mengevaluasi stimulus apa yang dapat menopang industri wisata dapat perlahan pulih. 

“karena selama ini tidak maksimal dan cenderung lebih ke pasar internasional yang dilakukan pemerintah padahal pasar domestik ini yang harus bergairah dulu dengan stimulus-stimulus yang dilanjutkan, serta paket-paket yang menjanjikan bagi pasar domestik,” tutupnya. 

Pemerintah lanjutkan stimulus sektor pariwisata tahun ini, ini komentar Dafam Hotel Management.

Selanjutnya: Dafam Hotel terus lanjutkan ekspansi di tahun ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×