kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini kesiapan multifinance untuk membayar obligasi yang bakal jatuh tempo


Rabu, 09 Juni 2021 / 10:15 WIB
Begini kesiapan multifinance untuk membayar obligasi yang bakal jatuh tempo

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memasuki tengah tahun, belasan multifinance siap melunasi obligasi jatuh. Berbagai sumber pendanaan telah mereka persiapkan untuk memenuhi kewajibannya. 

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) mencatat, ada 15 obligasi multifinance yang bakal jatuh tempo pada periode Juni - Agustus 2021. Diantaranya obligasi milik WOM Finance, Mandiri Tunas Finance, BFI Finance, Mandala Finance, Adira Finance, Indomobil Finance dan lainnya. 

Menanggapi hal itu, WOM Finance telah menyiapkan dana dari internal perusahaan untuk memenuhi kewajiban obligasi. Perusahaan memiliki dua obligasi yang jatuh tempo pada 8 Juni 2021. Keduanya memiliki nilai total Rp 295 miliar. 

Baca Juga: Tiga multifinance ini akan tebar dividen bagi pemegang saham, catat tanggalnya

Setelah melunasi obligasi, perusahaan berniat kembali menerbitkan surat utang pada kuartal tiga 2021. Untuk saat ini, Direktur WOM Finance Zacharia Susantadiredja belum mau mengungkapkan berapa nilai obligasi yang akan dikeluarkan. 

"Pada kuartal tiga, kami akan terbitkan satu kali obligasi. Mungkin pada kuartal empat tahun ini, atau kuartal satu tahun depan, kami akan terbitkan obligasi berkelanjutan tahap dua," kata Zacharia, Selasa (8/6).

Sementara itu, Indomobil Finance akan melunasi Obligasi Berkelanjutan IV tahap I Tahun 2020 Seri A menggunakan dana angsuran dari debitur dan fasilitas kredit yang tersedia. Ini merupakan surat utang bernilai Rp 229,0 miliar yang jatuh tempo pada 14 Agustus 2021. 

Untuk semester berikutnya, perusahaan masih mempertimbangkan apakah akan menerbitkan obligasi atau tidak. Salah satu pertimbangannya adalah kondisi pasar pada semester dua 2021. 

Baca Juga: Segmen mobil bekas dongkrak kinerja pembiayaan CNAF hingga Mei 2021

"Kami juga akan menganalisa kebutuhan pendanaan, alternatif fasilitas kredit serta besaran biaya dana (cost of fund)," kata Vice Chairman of Executive Board Indomobil Finance Gunawan Effendi.

Selain obligasi, perusahaan juga mengandalkan sumber dana lain. Pada bulan lalu. Indomobil Finance mengantongi pinjaman sindikasi senilai US$ 270 juta dari 12 bank asing di Singapura, Malaysia, Korea, Jepang, Taiwan dan China. 



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×