kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Beda dengan Trump, Biden menyampingkan teori kebocoran virus corona dari lab China


Rabu, 10 Februari 2021 / 19:10 WIB
Beda dengan Trump, Biden menyampingkan teori kebocoran virus corona dari lab China

Sumber: Channel News Asia | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Amerika Serikat (AS) menjauhkan diri dari teori yang disebarkan oleh mantan Presiden Donald Trump bahwa virus corona baru berasal dari laboratorium China, dan menyuarakan dukungan untuk para peneliti WHO.

Sebuah misi ke China dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada Selasa (9/2), mereka telah gagal menemukan sumber di balik virus corona baru yang telah menewaskan lebih dari 2,3 juta orang di seluruh dunia.

Tetapi, tim WHO menyatakan, hipotesis tentang kebocoran virus corona dari laboratorium di Wuhan "sangat tidak mungkin".

Departemen Luar Negeri AS di bawah pimpinan Mike Pompeo saat Pemerintahan Trump adalah pendukung utama teori laboratorium. Hanya, Departemen Luar Negeri AS Pemerintahan Joe Biden mengatakan, sedang menunggu temuan lengkap dari WHO.

Baca Juga: Penemuan WHO soal asal usul virus Covid-19 picu kemarahan, apa yang terjadi?

"Saya pikir daripada terburu-buru membuat kesimpulan yang mungkin dimotivasi oleh hal lain selain sains, kami ingin melihat ke mana data itu membawa kami, ke mana sains itu membawa kami, dan kesimpulan kami akan didasarkan pada itu," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price.

"Kami jelas mendukung penyelidikan (WHO) ini," katanya kepada wartawan, Selasa (9/2), seperti dikutip Channel News Asia.

China menyembunyikan informasi

Pompeo adalah musuh bebuyutan Beijing dan memimpin tuduhan menyalahkan para pemimpin China atas Covid-19 pada saat Trump menghadapi kritik keras atas penanganannya terhadap pandemi di dalam negeri.

Pompeo menunjuk pada upaya awal China untuk menyembunyikan kasus dan tidak sepenuhnya mengesampingkan bahwa virus corona baru dilepas dengan sengaja.

Baca Juga: Gelar penyelidikan di Wuhan, tim WHO gagal identifikasi asal-usul virus corona



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×