Bal bisa serang target darat, kemampuan rudal pertahanan pesisir Rusia bertambah

Rabu, 20 Oktober 2021 | 14:02 WIB Sumber: TASS
Bal bisa serang target darat, kemampuan rudal pertahanan pesisir Rusia bertambah

ILUSTRASI. Sistem rudal permukaan-ke-udara Pantsyr buatan Rusia.

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Jangkauan tembak sistem rudal pertahanan pesisir Bal terbaru Rusia berlipat ganda, setelah uji coba rudal barunya sanggup menyerang target darat, sumber di industri pertahanan mengatakan kepada TASS pada Selasa (19/10).

“Uji coba rudal baru dari sistem rudal pertahanan pesisir Bal mengonfirmasikan jangkauan penerbangannya melebihi 500 km, dan sistem panduan barunya juga memungkinkannya untuk menyerang target di darat,” kata sumber itu.

Kemampuan baru Bal dalam jarak tembak dan menyerang target darat membuatnya sebanding dengan sistem rudal pertahanan pesisir Bastion yang menggunakan rudal supersonik Oniks.

Baca Juga: Turki siap beli jet tempur Su-57 Rusia, kalau gagal capai kesepakatan dengan AS

Tactical Missiles Corporation yang mengembangkan dan memproduksi sistem rudal pertahanan pesisir Bal menolak berkomentar kepada TASS mengenai kemampuan baru rudal tersebut.

Sistem rudal pertahanan pantai Bal mengoperasikan rudal jelajah Kh-35 dan Kh-35U dengan jarak tembak masing-masing 120 km dan 260 km. Rudal Kh-35E dengan jangkauan hingga 300 km bisa dipandu melalui drone.

Militer Rusia menggunakan sistem rudal Bal bersama dengan peluncur pertahanan pesisir Bastion yang digunakan dalam operasi tempur di Suriah untuk menyerang target darat.

Sistem rudal pertahanan pesisir Bal bisa meluncurkan 32 rudal dalam satu salvo dan memiliki 32 rudal lainnya dalam muatan amunisinya. Senjata tersebut bisa mencegat serangan rudal kapal perang atau pasukan serbu atawa amfibi.

Selanjutnya: Cegah masuk perbatasan, jet tempur Rusia kawal pembom AS di atas Laut Jepang

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru