Aset UUS Maybank Mencapai Rp 39,6 Triliun per September 2022

Sabtu, 21 Januari 2023 | 10:15 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Aset UUS Maybank Mencapai Rp 39,6 Triliun per September 2022


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank Maybank Indonesia Tbk mencatat pertumbuhan solid dari tahun ke tahun. Itu tercermin dari porsi aset syariah terhadap total aset perseroan.

Per September 2022, total aset UUS Maybank Indonesia telah mencapai Rp 39,6 triliun. Itu menyumbang 25,68% terhadap total aset Maybank Indonesia.

Head of Shariah Banking Maybank Indonesia Romy Buchari mengatakan, Maybank UUS  tercatat jadi menjadi penyumbang porsi terbesar terhadap aset grup atau induknyanya dari antara UUS yang ada di Tanah Air.

"Kami akan terus mendorong pertumbuhan ini. Mudah-mudahan kami bisa mengejar porsi aset syariah 30% ke depan," kata Romy dalam keterangannya, Jumat (20/1).

Dalam 10 tahun terakhir, perkembangan aset Maybank Syariah sangat pesat. Pada tahun 2013, baru tercatat Rp 3,9 triliun atau hanya menyumbang 3% terhadap total aset Maybank Indonesia.

Baca Juga: UUS Maybank Umumkan Pemenang Kompetisi Kewirausahaan Maybank Syariah ISYEFpreneur

Tahun berikutnya meningkat menjadi Rp 7,1 triliun dengan porsi 5% terhadap induk, lalu pada 2015 naik jadi Rp 15,9 triliun atau berkontribusi 11%, dan terus meningkat hingga Rp 39,6 triliun per September 2022.

Romy Buchari menjelaskan pertumbuhan UUS Maybank Indonesia ditopang oleh strategi bisnis yang dijalankan bank ini. Ada tiga strategi yang dilakukan bank ini dalam menumbuhkan unit syariahnya.

Pertama, menjalankan pola pikir syariah first. Maybank mengedepankan solusi keuangan syariah pada seluruh lini bisnis dan semua karyawan di front line diwajibkan memiliki target untuk memasarkan produk syariah.

"Kami  percaya atas kelebihan dan faedah produk syariah. Dari situ, kami mengadopsi layanan syariah pada semua elemen bisnis. Kami tidak memaksakan syariah kepada semua nasabah, tetapi kami terlebih duahlu mempelajari apa kebutuhan nasabah dan itu sesuai dengan produk syariah yang akan maka produk itu yang akan kami tawarkan lebih dulu," jelas Romy.

Kedua, menerapkan leverage model. Dengan model ini maka semua infrastruktur yang dimiliki Maybank Indonesia bisa dipakai untuk melakukan promosi dan mempersiapkan produk-produk syariah.

Romy mengatakan, saat ini Maybank Indonesia hanya memiliki 20 kantor cabang khusus syariah. Jika hanya mengandalkan jaringan ini maka akan sulit untuk menumbuhkan UUS Maybank.

"Dengan leverage model maka seluruh kantor cabang yang dimiliki Maybank sebanyak 345 yang tersebar di seluruh Indonesia, bisa melayani produk syariah," katanya.

Baca Juga: Ini Bank-bank Pencetak Pertumbuhan Kredit Tertinggi

Ketiga, menawarkan produk syariah untuk semua nasabah. Romy mengatakan, solusi syariah tidak hanya untuk nasabah muslim saja tetapi terbukan untuk semua nasabah. Selain itu, bank ini juga mengedepankan kelengkapan fitur dan kepatuhan prinsip syariah.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru