Ekonomi

Asahimas Flat Glass bidik peningkatan penjualan ekspor, ini alasannya

Sabtu, 28 November 2020 | 15:20 WIB   Reporter: Agung Hidayat
Asahimas Flat Glass bidik peningkatan penjualan ekspor, ini alasannya

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan kaca lembaran, PT Asahimas Flat Glass Tbk (AMFG) melihat tren penurunan pasar ekspor tidak sebesar di pasar domestik. Untuk itu perseroan turut membidik peluang di segmen pasar ini.

Menurut paparan Mohamad Amien, Direktur AMFG sampai dengan kuartal ketiga tahun ini porsi penjualan ekspor terhadap total revenue mencapai 44% dimana pada periode yang sama tahun lalu hanya 37%. Sedangkan porsi penjualan domestik hanya berkisar 56%, padahal di kuartal ketiga tahun lalu bisa 63%.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 menggerus perolehan pendapatan AMFG hingga 16,5% di kuartal III-2020

"Penjualan ekspor di kuartal tiga tahun ini tercatat sebanyak Rp 1,14 triliun, turun sedikit dibandingkan (kuartal tiga) tahun lalu Rp 1,16 triliun. Ke depannya kami mengharapkan dapat meningkatkan ekspor ini," terang Amien saat paparan publik perseroan, Jumat (27/11).

Perusahaan diketahui telah lama mengekspor produknya ke berbagai negara. Mulai dari kawasan Asean, Australia, New Zealand, China, Jepang, Afrika, Eropa hingga Amerika Serikat.

Selain itu perusahaan juga akan mendorong segmen produk yang bernilai tambah, misalnya coating glass yang dikenal ramah lingkungan. Utilisasinya saat ini manajemen akui masih kecil, namun prospek bisnisnya ke depan diakui cukup besar.

Selanjutnya: Begini target bisnis Eastparc hotel (EAST) di tahun 2021 nanti

 

Editor: Tendi Mahadi
Terbaru