Nasional

Anies cemas, Jakarta memasuki fase Covid-19 yang amat genting

Senin, 14 Juni 2021 | 10:15 WIB Sumber: Kompas.com
Anies cemas, Jakarta memasuki fase Covid-19 yang amat genting

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar apel siaga Minggu (13/6) malam, setelah ada kenaikan kasus corona di Jakarta hingga 50% dalam sepekan terakhir.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat ini Jakarta tengah menghadapi gelombang baru Covid-19. Hal itu disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam apel di Lapangan Blok S, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (13/6/2021). 

Turut hadir mendampingi Anies, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji. 

"Kita menghadapi gelombang baru peningkatan kasus Covid-19 setelah musim libur Lebaran bulan lalu. Lonjakannya mulai dirasakan hari-hari ini, bukan hanya di Jakarta, tapi di berbagai wilayah di Indonesia. Tapi di Jakarta sekarang perlu melakukan pendisiplinan kolektif," kata Anies. 

Anies mencontohkan jumlah kasus aktif Covid-19 di Jakarta yang melonjak dalam beberapa hari terakhir. 

Baca Juga: Kasus corona di Jakarta melonjak 50%, Gubernur Anies gelar apel malam-malam

"Kasus aktif naik dari 11.500 jadi 17.400. Naik 50% dalam satu minggu," ujarnya. 

Sementara positivity rate, lanjut Anies, naik dari 9 persen menjadi 17 persen. Adapun, kemampuan testing ditingkatkan menjadi delapan kali lipat pada pekan ini. 

"Tetapi tetap positivity rate-nya tinggi. Ini menunjukkan di luar sana ada peningkatan kasus yang amat signifikan," tutur Anies. 

Selain itu, tingkat keterisian tempat tidur isolasi di rumah sakit juga meningkat. "Dari 45 persen pada 5 Juni (2021), jadi 75 persen hari ini," lanjut Anies. 

Baca Juga: Jumlah kasus Covid 19 meningkat, pemerintah bakal perpanjang PPKM Mikro

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru