kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Angkut Nikel dan Batubara, Trans Power Marine (TPMA) Siapkan Investasi US$ 250 Juta


Selasa, 28 Desember 2021 / 05:45 WIB
Angkut Nikel dan Batubara, Trans Power Marine (TPMA) Siapkan Investasi US$ 250 Juta

Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Trans Power Marine Tbk (TPMA) bersama dengan PT Pacifik Pelayaran Indonesia (PPI) dan T&J International Holding Limited (TJI) telah menandatangani Perjanjian Pemegang Saham untuk bekerja sama pengangkutan barang curah antara lain nikel dan batu bara pada tanggal 23 Desember 2021 sebagai kelanjutan dari Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani pada 29 Oktober 2021.

Kerja sama ini diwujudkan melalui PT Trans Logistik Perkasa (TLP) yang direncanakan akan membeli lebih kurang 60 set kapal tunda dan tongkang secara bertahap untuk kebutuhan pengangkutan biji nikel.

Aksi ini juga dilakukan sebagai upaya mendukung kebutuhan batubara smelter di area Indonesia Bagian Tengah termasuk Sulawesi Tengah dan Indonesia Bagian Timur termasuk Maluku. TLP juga kemungkinan membeli beberapa unit mother vessel yang akan dikhususkan melayani kedua daerah tersebut.

Rudy Sutiono, Corporate Secretary TPMA menambahkan dengan total investasi US$250 juta untuk membeli 60 set kapal tunda dan tongkang sebagai target investasi akan meningkatkan profitabilitas TPMA di masa yang akan datang.

Baca Juga: Megalestari Epack Sentosaraya (EPAC) Bidik Segmen UMKM

"Kebutuhan batu bara untuk smelter di kedua daerah tersebut membuka peluang investasi beberapa unit mother vessel yang tentunya mendukung program pemerintah pada industri nikel dan turunannya," tuturnya, Senin (27/12).

TPMA melakukan diversifikasi ke pengangkutan nikel karena saat ini menjadi primadona di Indonesia dan smelter-smelter di Indonesia Bagian Tengah dan Indonesia Bagian Timur akan menyerap tenaga kerja Indonesia yang tidak sedikit.

Rencana pembelian kapal-kapal tersebut sedang dalam proses pembiayaan dan diharapkan di awal tahun depan sudah dapat difinalisasikan sehingga pembelian kapal dapat mulai direalisasikan.

Rudy menyampaikan, dengan dukungan dan kerja sama yang kuat, para pihak percaya dan optimis TPMA akan terus bertumbuh secara berkelanjutan dan memberikan kontribusi positif kepada para pemangku kepentingan pada umumnya dan pemegang saham TPMA pada khususnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×