3 Cara cek daftar BLT penerima subsidi gaji Rp 1 juta, apa saja?

Kamis, 14 Oktober 2021 | 04:00 WIB Sumber: Kompas.com
3 Cara cek daftar BLT penerima subsidi gaji Rp 1 juta, apa saja?

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi kamu yang belum mengetahui bagaimana cara mengecek penerima BLT subsidi gaji atau Bantuan Subdisi Upah (BSU) 2021, simak informasinya sebagai berikut. 

Cara mengecek penerima BLT subsidi gaji atau Bantuan Subdisi Upah (BSU) 2021 dapat dilakukan salah satunya di https://bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id/ . 

BSU adalah bantuan pemerintah berupa subsidi gaji/upah untuk melindungi, mempertahankan dan meningkatkan kemampuan ekonomi pekerja/buruh dalam penanganan dampak Covid-19. 

Penyaluran bantuan subsidi gaji tahun 2021 kepada pekerja/buruh sebesar Rp 500.000 per bulan selama dua bulan, yang akan diberikan sekaligus sebesar Rp 1 juta. 

Cara cek penerima BSU 

Ada sejumlah cara untuk mengecek daftar penerima subsidi upah.  Pengecekan calon penerima bantuan ini dapat dilakukan melalui laman BPJS Ketenagakerjaan atau Kemnaker. 

Baca Juga: Tak punya rekening Himbara? Ini cara cairkan BSU Rp 1 juta dari Kemnaker

1. BPJS Ketenagakerjaan 

Akses laman bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id, dalam halaman awal bagian bawah akan terdapat menu pengecekan penerima BSU Masukkan nomor induk kependudukan (NIK), nama lengkap, tanggal lahir, dan verifikasi bukan robot. 

Setelah itu, klik tombol “Lanjutkan. Selanjutnya akan muncul keterangan lolos tidaknya verifikasi dan validasi BPJS Ketenagakerjaan sebagai calon penerima BSU. 

2. Aplikasi BPJSTKU 

Install aplikasi BPJSTKU di ponsel dan registrasi melalui e-mail dengan membubuhkan nomor KPJ, NIK e-KTP, tanggal lahir, dan nama. 

Setelah berhasil, lakukan login, lalu pilih kartu digital, klik kartu digital tersebu, lalu akan muncul Keterangan kepesertaan aktif atau tidak akan muncul di bagian bawah halaman.

Selain itu, nomor rekening bank yang terdaftar juga akan muncul. 

Baca Juga: Cek NIK & namamu di bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id, BLT subsidi gaji cair Oktober ini

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru