Yang cari beasiswa, ada kesempatan 9 program beasiswa pendidikan vokasi nih

Sabtu, 22 Mei 2021 | 05:30 WIB   Reporter: Vendy Yhulia Susanto
Yang cari beasiswa, ada kesempatan 9 program beasiswa pendidikan vokasi nih

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah melalui kerjasama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyiapkan program beasiswa pendidikan vokasi tahun 2021. Dana bersumber dari LPDP sekitar Rp 600 miliar.

"Sudah disiapkan, sampai saat ini sekitar Rp 600 miliar," ujar Koordinator Program Beasiswa Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Agus Susilo, Jumat (21/5).

Ahmad Saufi, Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek menambahkan, program beasiswa pendidikan vokasi tersebut merupakan pendekatan afirmasi bagi insan vokasi.

Meski begitu, pemberian beasiswa tetap dilaksanakan dengan seleksi yang ketat untuk menciptakan sumber daya manusia vokasi yang berkualitas. "Kuota sekitar 10.000 untuk seluruh program beasiswa vokasi," ujar Saufi.

Baca Juga: Cari-cari beasiswa? Ini 8 program beasiswa LPDP tahun 2021

Ia menerangkan, kondisi pandemi diyakini tidak akan menurunkan minat pendaftar beasiswa tersebut. Justru, hal itu menjadi peluang bagi insan vokasi untuk mendapatkan beasiswa.

"Pelaksana pendidikan vokasi tentunya tempat kita menitipkan anak anak kita nanti pasti punya metodologi pengajaran, pasti mereka tentunya sangat aware dengan keselamatan dan keamanan selama covid-19," ujar dia.

Saufi berharap, melalui beasiswa tersebut akan semakin meningkatkan kualitas kevokasian di Indonesia. Hal ini juga untuk menjawab ketersediaan tenaga pengajar vokasi, baik guru-guru SMK maupun dosen-dosen vokasi.

"Kata kunci terakhir relevansi. Kami mengajak dunia usaha dunia industri untuk menjadi kurator atau tim seleksi kita agar sedini mungkin output lulusan program ini sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dunia industri dan dunia kerja," jelas Saufi.

Sebagai informasi, terdapat sembilan program yang ditawarkan dalam program beasiswa pendidikan vokasi yakni:

1. Program Beasiswa S1/D4 Calon Guru SMK;

2. Beasiswa Pendidikan Bergelar Dosen dan Calon Dosen PTPPV;

3. Bridging Course Vokasi;

4. Kampus Merdeka Vokasi;

5. Magang Dosen dan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV);

6. Sertifikasi Dosen dan Tenaga Kependidikan PTPPV;

7. Riset Keilmuan Terapan Dalam Negeri - Dosen PT Vokasi;

8. Program Project Based Learning/ Praktik Kerja Lapangan Bersertifikat Bagi Siswa SMK (Dalam Negeri dan Luar Negeri) dan

9. Program Project Based Learning/ Magang Bersertifikat Guru SMK (Dalam Negeri dan Luar Negeri).

 

Selanjutnya: Beasiswa Fakultas Kedokteran University of Oxford dari Kemendikbudristek, syaratnya?

 

Editor: Khomarul Hidayat
Terbaru