Xi Jinping Telepon Jokowi, Ini Isu yang Dibahas

Sabtu, 15 Januari 2022 | 10:50 WIB Sumber: The Straits Times
Xi Jinping Telepon Jokowi, Ini Isu yang Dibahas

ILUSTRASI. Pada Selasa (11/1/2021), Presiden China Xi Jinping melakukan panggilan telepon kepada Presiden Jokowi. ANTARA FOTO/Yusran Uccang


KONTAN.CO.ID - BEIJING. Pada Selasa (11/1/2021), Presiden China Xi Jinping melakukan panggilan telepon kepada Presiden Jokowi. Dalam pembicaraan antar keduanya, Xi meminta China dan Indonesia untuk bersama-sama memerangi pandemi Covid-19 dan membangun model kerja sama kesehatan.

Terkait hal tersebut, China menegaskan akan terus membantu Indonesia dalam upaya membina pusat produksi vaksin regional. 

Melansir The Straits Times, Xi juga menegaskan, China juga akan memperdalam kerja samanya dengan negara Asia Tenggara itu di seluruh rantai industri produksi vaksin serta penelitian dan pengembangan obat-obatan.

Dia menambahkan, sejak tahun lalu, hubungan China-Indonesia telah mengalami kemajuan di tengah pandemi dan kedua negara telah membangun paradigma baru kerja sama bilateral dengan pembentukan dialog dan mekanisme kerja sama tingkat tinggi.

Baca Juga: China-Rusia Sepakat akan Melindungi Kazakhstan dari Kekacauan

China dan Indonesia adalah dua negara berkembang yang memiliki tujuan bersama untuk mencari pembangunan dan kebahagiaan bagi rakyatnya, kata Xi. Menurutnya, kunci untuk mencapai tujuan ini adalah menyelesaikan hal-hal spesifik dengan baik.

Dia meminta kedua negara untuk menyelaraskan  Belt and Road Initiative dengan rencana pembangunan masing-masing, mempromosikan pembangunan kereta api berkecepatan tinggi Jakarta-Bandung yang berkualitas tinggi, dan mendorong area pertumbuhan baru seperti energi baru, ekonomi digital, dan kerja sama maritim. 

Xi berjanji, Tiongkok akan secara aktif berpartisipasi di dalam segala hal yang dapat membantu mendorong pembangunan Indonesia dan memperdalam kerja sama Tiongkok-Indonesia.

Baca Juga: Saling Balas, China Sebut Trump Bertanggung Jawab Atas Kematian Ribuan Warga AS

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru