kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,47   -12,05   -1.29%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Xi Jinping Minta Tentara China Fokus Latihan untuk Persiapan Perang, Ada Apa?


Jumat, 11 November 2022 / 04:30 WIB
Xi Jinping Minta Tentara China Fokus Latihan untuk Persiapan Perang, Ada Apa?

Sumber: The Guardian | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  BEIJING. Presiden China Xi Jinping memerintahkan Tentara Pembebasan Rakyat untuk memfokuskan seluruh energinya pada persiapan pertempuran, sebuah corong partai Komunis China telah melaporkan.

Gambar-gambar Xi, yang baru-baru ini mengamankan masa jabatan ketiga sebagai pemimpin partai, dalam seragam tentaranya selama kunjungan ke pusat komando ditampilkan secara mencolok di halaman depan People's Daily pada hari Rabu.

Xi mengatakan tentara harus “secara komprehensif memperkuat pelatihan militer dalam persiapan perang”, setelah memperingatkan pada kongres partai baru-baru ini tentang “badai berbahaya” di cakrawala.

“Fokuskan semua energi [Anda] untuk berjuang, bekerja keras untuk berjuang dan tingkatkan kemampuan [Anda] untuk menang,” katanya Xi. 

Baca Juga: Kekayaan Orang Super Tajir China Termasuk Jack Ma Menguap Akibat Perlambatan Ekonomi

"Tentara juga harus dengan tegas membela kedaulatan nasional dan keamanan nasional karena China berada dalam situasi keamanan yang tidak stabil dan tidak pasti”, sambungnya.

Sementara Xi juga memerintahkan tentara untuk fokus pada persiapan perang pada 2013, segera setelah dia mengambil alih kekuasaan, dan sekali lagi pada 2017, analis politik mengatakan dia telah meningkatkan retorikanya kali ini. 

Dalam kunjungan serupa ke pusat komando pada tahun 2016, dia mengatakan kepada para perwira untuk setia dan berakal dalam pertempuran dan berani dan mampu memenangkan perang.

“Dia mengirim pesan ke Amerika Serikat dan Taiwan,” kata Willy Lam, seorang rekan senior di Jamestown Foundation yang berbasis di Washington. Meskipun kekuatan militer China belum setara dengan AS, pengambilan keputusan Xi tidak selalu berdasarkan perhitungan rasional, katanya.

Xi membuat serangan terselubung terhadap dukungan AS yang semakin eksplisit untuk Taipei di kongres partai ke-20, yang berakhir di Beijing bulan lalu, menyalahkan campur tangan asing karena memperburuk ketegangan. 

Baca Juga: Xi Jinping: China Akan Mendorong Lebih Banyak Investasi Asing



TERBARU

×