kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

XBB: Varian Terbaru Covid-19 di Negara Tetangga, Bisa Menghindari Kekebalan Tubuh


Senin, 17 Oktober 2022 / 11:14 WIB
XBB: Varian Terbaru Covid-19 di Negara Tetangga, Bisa Menghindari Kekebalan Tubuh
ILUSTRASI. Sub varian baru virus corona baru yang disebut XBB secara dramatis muncul pada awal pekan ini, di Singapura. KONTAN/Baihaki

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Sub varian baru virus corona baru yang disebut XBB secara dramatis muncul pada awal pekan ini, di Singapura. Kasus COVID-19 baru di Negeri Merlion itu meningkat lebih dari dua kali lipat dalam sehari, dari 4.700 pada hari Senin menjadi 11.700 pada hari Selasa. Hampir pasti penyebabnya adalah XBB. Subvarian yang sama juga baru saja muncul di Hong Kong.

Mengutip The Daily Beast, varian ini merupakan keturunan yang sangat bermutasi dari Omicron. Varian ini yang mendorong gelombang rekor infeksi mulai sekitar setahun yang lalu. Dapat dikatakan, XBB dalam banyak hal merupakan bentuk virus terburuk sejauh ini. 

Virus ini lebih menular daripada varian atau subvarian sebelumnya. XXB juga menghindari antibodi dari terapi monoklonal, yang berpotensi membuat seluruh kategori obat tidak efektif sebagai perawatan COVID.

“Ini kemungkinan varian yang paling bisa menghindari kekebalan dan menimbulkan masalah untuk perawatan dan strategi pencegahan berbasis antibodi monoklonal saat ini,” jelas Amesh Adalja, seorang ahli kesehatan masyarakat di Pusat Keamanan Kesehatan Johns Hopkins, mengatakan kepada The Daily Beast.

Baca Juga: UPDATE Covid-19 Indonesia, 16 Oktober: Tambah 1.326 Kasus Baru, Meninggal 12

Puncaknya akan terjadi pertengahan November

Melansir Yahoo News, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Singapura pada Sabtu (15/10/2022) mengatakan, subvarian XBB Omicron yang mendongkrak kasus infeksi COVID-19 diperkirakan akan mencapai puncaknya pada pertengahan November.

Strain - yang pertama kali terdeteksi di India pada bulan Agustus - sekarang menjadi sub-varian dominan yang beredar di masyarakat terhitung 54% dari kasus lokal selama 3 minggu hingga 9 Oktober, naik dari 22 persen pada minggu sebelumnya. 

Sub-varian yang sebelumnya dominan, BA.5, kini diperkirakan menyumbang 21% kasus lokal. Sementara sub-varian lain, BA.2.75, diperkirakan menyumbang 24% kasus.

Pengamatan dari negara-negara dengan sub-varian XBB menunjukkan bahwa varian itu memang menular seperti varian saat ini, tetapi tidak menyebabkan penyakit yang lebih parah.

Namun, MOH mengatakan ada bukti bahwa XBB mungkin mendorong peningkatan infeksi ulang, di mana sekitar 17% dari total kasus baru bulan lalu adalah kasus infeksi ulang.

“Mengingat bahwa kekebalan dari infeksi alami dalam populasi kemungkinan akan berkurang seiring waktu, ini menggarisbawahi pentingnya memastikan perlindungan minimum dari vaksinasi dan menjaga vaksinasi kami tetap mutakhir untuk melindungi kami dari infeksi parah,” kata Depkes dalam rilis medianya.

Namun, jika situasinya memburuk, Menteri Kesehatan Singapura Ong Ye Kung mengatakan bahwa negaranya tidak dapat mengesampingkan keharusan untuk mengembalikan langkah-langkah manajemen yang aman, seperti mengenakan masker wajah di dalam atau di luar ruangan.

“Endemisitas berarti kita menerima (COVID-19) ada, dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menghadapinya. Jadi kita harus menerima bahwa beberapa bagian dari kehidupan kita harus berubah, agar kita dapat hidup dengan virus ini,” katanya.

Dia menambahkan, "Sebisa mungkin, kami tidak ingin itu mengganggu kehidupan normal kami, dan oleh karena itu kami berusaha sebaik mungkin untuk tidak pernah kembali ke Pemutus Arus atau Peringatan Tinggi, atau apa pun yang sangat mengganggu kehidupan normal kami. Kami akan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan dalam untuk mengelola situasi."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

×