Wuling Air ev Memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Sebesar 40%

Selasa, 09 Agustus 2022 | 07:30 WIB   Reporter: Vina Elvira
Wuling Air ev Memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Sebesar 40%


KONTAN.CO.ID - CIKARANG. Wuling Motors (Wuling) resmi meluncurkan produksi perdana kendaraan listrik, Wuling Air ev di pabrik yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Dengan kapasitas produksi mencapai 10.000 unit per tahun. 

Mobil listrik pertama Wuling yang diproduksi di Indonesia ini memiliki tingkat komponen dalam negeri atau TKDN sebesar 40%. Hal itu diklaim sudah disesuaikan juga dengan arahan dari pemerintah Indonesia. 

"Untuk lokalisasinya di atas 40%. Jadi ke depan kami akan tingkatkan lokalisasinya sesuai dengan arahan dari pemerintah dan juga dengan memenuhi standar demand dari market sendiri," ungkap Vice President SGMW Motor Indonesia, Han Dehong, di Cikarang, Senin (8/8). 

Baca Juga: Sejumlah Perusahaan Otomotif Asal China Merangsek Pasar Mobil Listrik di Tanah Air

Saat ini produksi Air ev masih difokuskan untuk memenuhi permintaan di pasar Indonesia. Namun demikian tidak menutup kemungkinan kalau ke depannya, Wuling juga akan menjajaki peluang memasok Air ev ke pasar ekspor. 

Wuling belum merilis secara resmi terkait harga jual dari Air ev. Namun pihaknya meng-estimasikan bahwa harga Air ev nantinya akan berkisar pada Rp 250 juta - Rp 300 juta. Wuling Air ev ini didukung dengan rangka yang kokoh dan dibalut dengan desain eksterior future-tech yang memadukan unsur teknologi serta futuristis.

Dengan mengusung desain yang compact, Wuling Air ev dibekali kabin berkonfigurasi 4 seater yang nyaman serta beragam fitur cerdas. Wuling pun memastikan bahwa keamanan baterai di kendaraan listriknya ini terjamin dan pengisian dayanya juga terbilang mudah karena dapat dilakukan di rumah saja.

"Konsepnya Wuling Air ev itu benar-benar dibuat easy to charge easy to drive dan itu sebenarnya wujud kami keluarkan konsep mobil listrik yang mempermudah proses elektrifikasi di Indonesia," tambah Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani. 

Baca Juga: Baterai Wuling Air ev Telah melalui Beragam Pengujian Ketahanan

Dengan mengaplikasikan ‘Global Manufacturing System’ (GMS), Wuling juga memastikan bahwa pabriknya mampu untuk mencapai efisiensi proses produksi dan menghasilkan produk berkualitas tinggi. 

Sebagai informasi, pabrik Wuling yang berlokasi di Cikarang ini didukung dengan empat fasilitas produksi dan terintegrasi dengan supplier park yang berada di dalam satu kawasan seluas 60 hektar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru