WhatsApp Segera Tak Bisa Dipakai Di Hp Ini, Cek Cara Keluar Dari WA Group Diam-Diam

Senin, 10 Oktober 2022 | 06:17 WIB Sumber: Kompas.com
WhatsApp Segera Tak Bisa Dipakai Di Hp Ini, Cek Cara Keluar Dari WA Group Diam-Diam

ILUSTRASI. WhatsApp Segera Tak Bisa Dipakai Di Hp Ini, Cek Cara Keluar Dari WA Group Diam-Diam


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pengumuman untuk penggunakan aplikasi perpesanan WhatsApp. Sejumlah tipe handphone (hp) berikut tidak akan bisa lagi menggunakan aplikasi WhatsApp mulai 24 Oktober 2022.

Beberapa tipe hp tidak akan bisa menggunakan WhatsApp karena sistem tidak mendukung. Anda perlu cek, apakah hp Anda termasuk daftar yang tidak bisa menggunakan WhatsApp.

Meta, pemilik WhatsApp, telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan menghentikan dukungan untuk perangkat iPhone apa pun yang tidak dapat menjalankan iOS 12 atau lebih tinggi. Pengguna iOS 11 dan yang lebih lama memiliki waktu hingga 24 Oktober 2022 untuk meningkatkan operating system (OS) mereka, dikutip dari Tech.

Namun, belum jelas berapa banyak dari pengguna yang akan terpengaruh oleh berita ini. Tipe utama yang akan terpengaruh adalah iPhone 5 dan 5c yang dapat menjalankan iOS 11 tetapi tidak dapat menjalankan iOS 12 atau sistem operasi berikutnya yang dirilis oleh Apple.

Dua OS tersebut pertama kali diluncurkan masing-masing pada 2016 dan 2017. Pengguna iPhone 4 dan 4s akan menghadapi masalah serupa karena alasan yang sama.

Baca Juga: Cara Mudah Menghilangkan Last Seen WhatsApp di Android, iPhone, dan Laptop

Hp Android yang tidak bisa menggunakan WhatsApp

Nasib yang sama akan dialami oleh pengguna dengan perangkat Android yang menjalankan OS Android apa pun sebelum OS 4.1 atau umumnya dikenal sebagai JellyBean. "Perangkat ini juga mungkin tidak memiliki pembaruan keamanan terbaru, tulis WhatsApp dalam laman resminya," tulis WhatsApp dalam laman resminya.

"Atau mungkin tidak memiliki fungsionalitas yang diperlukan untuk menjalankan WhatsApp," sambungnya

Aplikasi yang menghentikan dukungan untuk model OS yang sudah ketinggalan zaman adalah praktik yang cukup umum. Perusahaan yang memproduksi perangkat lunak secara teratur membuat keputusan sulit mengenai kapan harus berhenti meluncurkan pembaruan untuk iterasi sistem operasi yang lebih lama.

Bahkan untuk perusahaan seukuran Meta, tidak masuk akal apabila terus memperbarui aplikasi untuk model iOS yang semakin sedikit digunakan orang.

Seperti diketahui, iPhone baru-baru ini merilis iPhone 14 series. Ada empat model iPhone 14 yang dirilis. Tiga di antaranya adalah model dengan penamaan lama, yakni iPhone 14 versi "reguler", iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Cara keluar grup WhatsApp tanpa diketahui orang lain

Saat ini bagi pengguna WhatsApp (WA) yang meninggalkan grup akan diketahui semua anggota grup sebab namanya akan muncul di pemberitahuan. Jika Anda menyimpan nomor kontak itu, maka nama kontak tersebut akan tertera.

Sementara jika Anda tidak menyimpan nomor kontak orang yang keluar, maka hanya nomor dan keterangan dia keluar dari grup WhatsApp (WA). Terkadang, orang yang keluar dari grup tanpa berpamitan atau secara mendadak membuat kebingungan antar anggota grup.

Oleh karena itu, WhatsApp bakal meluncurkan fitur baru ini yang bisa membuat pengguna WA keluar dari grup secara diam-diam.

Baca Juga: WhatsApp Sedang Kerjakan Fitur untuk Mengembalikan Pesan yang Baru Dihapus

Cara keluar grup WhatsApp

Dikutip dari India Today, Selasa (9/8/2022), ada dua cara untuk meninggalkan grup WhatsApp.

1. Melalui obrolan grup

  • Buka aplikasi WhatsApp pada ponsel Anda
  • Pilih grup yang akan Anda tinggalkan
  • Klik subyek grup
  • Scroll pada akhir halaman
  • Pilih "Keluar dari grup"
  • Akan muncul kotak dialog, pilih "Keluar"
  • Anda sudah keluar dari grup

2. Melalui obrolan chat

  • Buka aplikasi WhatsApp pada ponsel Anda
  • Pada tampilan banyak obrolan chat, ketuk dan tahan grup di tab chat
  • Jika grup sudah ditandai centang, pilih icon titik tiga pada pojok kanan atas
  • Pilih "Keluar dari grup"
  • Akan muncul kotak dialog,
  • Pilih "Keluar"
  • Anda sudah keluar dari grup.
  • Hanya admin yang akan menerima notifikasi

Setelah pembaruan, bagian dari seri yang tiba di aplikasi selama bulan mendatang, pengguna akan dapat meninggalkan grup secara diam-diam, dengan hanya administrator yang menerima pemberitahuan.

Perusahaan WhatsApp menyebut pembaruan sebagai "fitur privasi", yang mencakup fitur lain yang dikatakan meningkatkan keamanan bagi pengguna.

Fitur baru lainnya

Selain itu, ada juga fitur baru lain yang bakal dirilis WhatsApp yakni fitur yang memungkinkan pengguna membatasi siapa yang dapat melihat saat mereka online.

Mark Zuckerberg, CEO perusahaan induk WhatsApp, Meta, mengatakan dalam sebuah posting Facebook mengungkapkan perubahan tersebut. "Kami akan terus membangun cara baru untuk melindungi pesan Anda dan menjaganya tetap pribadi dan aman seperti percakapan tatap muka," ujar Zuckerberg.

(Ahmad Naufal Dzulfaroh & Retia Kartika Dewi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Minggu Lagi, WhatsApp Tak Lagi Bisa Digunakan di Beberapa Tipe Ponsel Ini", dan "WhatsApp Bikin Fitur Pengguna Bisa Keluar Grup Tanpa Diketahui",

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru