Waspada! Varian Omicron Kian Menyebar, Terdeteksi di 106 Negara

Rabu, 22 Desember 2021 | 23:00 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Waspada! Varian Omicron Kian Menyebar, Terdeteksi di 106 Negara


KONTAN.CO.ID - JENEWA. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengungkapkan, hingga 21 Desember 2021, varian Omicron sudah terdeteksi di 106 negara termasuk Indonesia.

Menurut WHO, bukti terbaru menunjukkan, varian Omicron memiliki keunggulan pertumbuhan dibanding Delta dan menyebar dengan cepat.

"Bahkan, di negara-negara dengan transmisi komunitas yang terdokumentasi dan tingkat kekebalan populasi yang tinggi," kata WHO dalam Pembaruan Epidemiologis Mingguan tentang Covid-19 yang terbit Selasa (21/12). 

Hanya, tetap tidak pasti, sejauh mana laju pertumbuhan cepat varian Omicron bisa dikaitkan dengan penghindaran kekebalan, peningkatan transmisibilitas, atau kombinasi keduanya. "Data keparahan klinis Omicron masih terbatas," sebut WHO.

Baca Juga: Peringatan WHO: Omicron Menyebar Secara Signifikan, Lebih Cepat dari Varian Delta

Tapi, WHO menyebutkan, pasien Covid-19 varian Omicron yang menjalani rawat inap di Inggris dan Afrika Selatan terus meningkat. 

"Dan mengingat jumlah kasus yang meningkat pesat, varian Omicron membuat sistem perawatan kesehatan mungkin menjadi kewalahan," ungkap WHO. 

Lalu, data awal juga menunjukkan, ada pengurangan netralisasi varian Omicron pada mereka yang telah menerima vaksinasi lengkap atau sebelumnya terinfeksi virus corona, yang mungkin memperlihatkan tingkat penghindaran kekebalan humoral.

"Akibatnya, risiko keseluruhan yang terkait dengan varian baru yang menjadi perhatian, Omicron tetap sangat tinggi," imbuh WHO.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru