kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada! Ramal Menkes: Kasus Covid-19 Bakal Naik Lagi Usai Lebaran


Kamis, 12 Mei 2022 / 10:10 WIB
Waspada! Ramal Menkes: Kasus Covid-19 Bakal Naik Lagi Usai Lebaran

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kasus Covid-19 di Indonesia akan meningkat setelah berakhirnya libur Lebaran. Hal tersebut diprediksi oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Namun, Budi mengatakan, kenaikan kasus tersebut tidak perlu direspons dengan kepanikan. Menurutnya, kenaikan kasus tersebut masih dapat dikendalikan. 

"Apakah nanti kalau Lebaran bisa naik apa enggak, aku rasa sih kemungkinan naik. Kenapa, karena kan banyak interaksi, tapi kenaikannya enggak usah bikin panik," kata Budi di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (11/5/2022). 

Alasannya, menurut Budi kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia yang berkisar di angka 300-900 kasus per hari masih sangat rendah. Ia membandingkan dengan situasi di Amerika Serikat yang sudah bersikap tenang meski kenaikan kasus Covid-19 bisa mencapai 100.000 per hari dari jumlah penduduk sekitar 330 juta orang. 

"Jadi saya rasa selama itu masih di bawah 10.000 per hari kasusnya, it's normal kondisinya, manageable. Jadi artinya kalau demam berdarah lagi naik, ya oke lah tapi kan nanti turun lagi, kolera lagi naik, turun lagi," ujar Budi. 

Baca Juga: Kemenkes Sebut 400 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Telah Disuntikkan ke Masyarakat

Diberitakan sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, hingga kini belum ada lonjakan kasus Covid-19 meski ada lebih dari 80 juta pemudik pada masa libur Lebaran lalu. 

"Kemarin yang mudik lebih dari 80 juta, namun dari indikasi yang kita monitor sampai hari ini tidak ada lonjakan kasus (Covid-19)," kata Airlangga dalam sambutannya pada acara Green Economy Indonesia Summit 2022 di Jakarta, Rabu (11/5/2022). 

Jika dilihat dari data selama dua tahun terakhir, kasus Covid-19 akan mengalami kenaikan pada hari ke-24 usai perayaan Idul Fitri. Namun, dia menegaskan, kenaikan kasus Covid-19 pada waktu tersebut diiringi dengan munculnya varian baru yakni Delta dan Omicron. 

Baca Juga: Meski Kasus Covid-19 Melandai, Pemerintah Terus Lakukan Monitoring

"Kita berharap tidak ada lagi ataupun varian yang berkembang dan tentunya kita berharap akan lebih tidak sekuat Omicron ataupun Delta," ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menkes Prediksi Kasus Covid-19 Naik Usai Lebaran, tetapi Tak Usah Panik"
Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Krisiandi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×