kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada Penipuan File APK, Ini Ciri-Ciri dan Cara Menghindarinya


Jumat, 07 Juli 2023 / 04:47 WIB
Waspada Penipuan File APK, Ini Ciri-Ciri dan Cara Menghindarinya
ILUSTRASI. Penipuan online dengan modus mengirimakan file berekstensi Android Package Kit (APK) masih marak terjadi di masyarakat.

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

PENIPUAN FILE APK - Beragam aksi penipuan online masih saja mengintai masyarakat. Salah satunya adalah penipuan online dengan modus mengirimakan file berekstensi Android Package Kit (APK). 

Sebenarnya, Android Package Kit (APK) adalah format file yang digunakan untuk menghimpun berbagai macam elemen guna memasang aplikasi pada android. 

Teranyar, Silvia Yap (52), pengusaha aksesori kendaraan asal Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, kehilangan uang tabungan Rp 1,4 miliar di rekeningnya usai menekan pesan tautan undangan pernikahan yang dikirim via WhatsApp. 

Software aplikasi tersebut dikirim melalui WhatsApp dari nomor yang tak dikenal. Setelah menekan pesan berformat APK tersebut, uang tabungan Rp 1,4 miliar yang disimpan di dalam nomor rekening sebuah kantor cabang pembantu (KCP) bank berpelat merah di kawasan Lawang, raib. 

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengatakan, dalam kasus penipuan bermodus file APK, penyerang berupaya mengirimkan sebuah program jahat (malware) untuk diinstal di handphone korban. Kemudian, pelaku akan mencuri data maupun mengambil alih kendali perangkat korban. 

Baca Juga: Apa Itu Skema Ponzi yang Jadi Modus Kembar Rihana-Rihani? Simak Bedanya dengan MLM

Aplikasi ini digolongkan dalam kategori berbahaya yang memungkinkan untuk meminta akses melakukan aktivitas-aktivitas yang mengarah ke data-data pribadi pemiliknya. Penipuan ini biasanya dilakukan melalui chat dengan niat untuk mengambil data pribadi korbannya. 

Salah satu ciri dari penipuan dengan modus file AKP ini adalah adanya nomor pengirim tidak dikenal dan meminta untuk mengunduh file dengan format APK. 

Perlu diperhatikan, ciri dari format pesannya adalah adanya tulisan APK atau .apk pada akhir nama file. 

Cara sederhana untuk terhindar dari modus penipuan ini adalah dengan menghindari membuka tautan yang mencurigakan. Selain itu, jangan pernah mengunduh file APK dari pengirim yang tidak dikenal. 

Baca Juga: Kasus Jombingo Rugikan Member Ratusan Juta, Ini 2 Cara Terhindar dari Skema Ponzi

Bila perlu, blokir nomor yang tidak dikenal tersebut. Sebagai tindakan preventif, pembaruan sistem operasi, aplikasi, software, firmware, dan browser bisa dilakukan secara berkala untuk meningkatkan keamanan perangkat. 

Terakhir, silakan melakukan penggantian password secara berkala dan jangan menggunakan password yang sama di setiap akun yang dimiliki.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penipuan File APK Buat Korban Rugi Rp 1,4 Miliar, Simak Ciri-ciri dan Cara Menghindarinya"
Penulis : Agustinus Rangga Respati
Editor : Aprillia Ika

Selanjutnya: Cuaca Hari Ini versi BMKG (7/7), Tangerang Serpong Hujan Pagi Sampai Malam?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×