kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada! Ini peringatan BNPB ke 30 wilayah soal bibit siklon tropis


Rabu, 14 April 2021 / 10:14 WIB
Waspada! Ini peringatan BNPB ke 30 wilayah soal bibit siklon tropis
ILUSTRASI. BNPB mengeluarkan peringatan dini kepada 30 wilayah di tingkat provinsi untuk mewaspadai potensi bibit siklon tropis 94W. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/ama/17

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengeluarkan peringatan dini kepada 30 wilayah di tingkat provinsi untuk mewaspadai potensi bibit siklon tropis 94W. Peringatan tersebut disampaikan agar para kepala daerah mempersiapkan langkah-langkah kesiapsiagaan.  

Melansir situs resmi bnpb.go.id pada Selasa (13/4/2021), peringatan yang dikeluarkan BNPB menyusul informasi yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait siklon tropis 94W. 

Deputi Bidang Pencegahan Lilik Kurniawan mengatakan, informasi peringatan dini BMKG dapat digunakan untuk mempercepat penyebarluasan informasi peringatan dini bencana. 

“Serta Menyusun rencana tindak lanjut dan pengambilan keputusan,” ujar Lilik melalui surat tertulis ke 30 pemerintah daerah provinsi, Selasa (13/4).

Baca Juga: Cuaca besok di Jabodetabek hujan ringan hingga lebat, waspada petir dan angin kencang

Kedua, pemerintah daerah meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, dan hujan es dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang maupun jalan licin. 

Terakhir, Lilik meminta koordinasi antar dinas terkait dan aparatur untuk kesiapsiagaan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi serta kewenangan masing-masng. Upaya ini bertujuan untuk mencegah dampak yang mungkin timbul. 

Baca Juga: Intensitas siklon tropis Seroja meningkat, empat provinsi ini diminta waspada

Koordinasi menyasar pada komunikasi risiko yang ditujukan kepada masyarakat mengenai potensi bahaya untuk menjauh dari lembah sungai, lereng rawan longsor, pohon tumbang atau tepi pantai, khususnya warga yang bermukim di wilayah risiko tinggi. 



TERBARU

×