kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wasiat Warren Buffett Soal Kepemilikan Sahamnya di Berkshire Jika Dia Meninggal Dunia


Selasa, 23 Agustus 2022 / 11:19 WIB
Wasiat Warren Buffett Soal Kepemilikan Sahamnya di Berkshire Jika Dia Meninggal Dunia
ILUSTRASI. Ikon investasi Warren Buffett mengatakan Berkshire Hathaway 100% siap untuk kematiannya. REUTERS/Scott Morgan

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Ikon investasi Warren Buffett mengatakan Berkshire Hathaway "100% siap" untuk kematiannya, dan merinci apa yang akan terjadi pada sahamnya jika peristiwa itu terjadi.

Melansir Yahoo Finance, dalam surat tahunannya yang banyak dibaca beberapa tahun silam, Warren Buffett menceritakan kisah tentang bagaimana temannya menerima "surat yang menjengkelkan" dari sebuah surat kabar lokal yang mencari data biografi untuk obituari. Ketika temannya tidak menanggapi permintaan itu, dia menerima surat kedua berlabel "URGENT."

"Charlie [Munger] dan saya sudah lama memasuki zona mendesak," tulis Warren Buffett. 

Dia menambahkan, "Itu bukan berita bagus bagi kami. Tetapi pemegang saham Berkshire tidak perlu khawatir: Perusahaan ini 100% siap untuk kepergian kami."

Dia melanjutkan untuk menyoroti banyak alasan mengapa mereka optimis tentang masa depan Berkshire tanpa mereka yang memimpin, mulai dari struktur entitas, manajernya, dan budayanya "yang jarang terjadi di antara perusahaan raksasa."

Warren Buffett memiliki 99% kekayaan bersihnya di saham Berkshire. Dia memberi pemegang saham gambaran tentang apa yang akan terjadi pada sahamnya ketika dia meninggal.

Baca Juga: Warren Buffett: Kualitas Terpenting Bagi Investor adalah Tempramen, Bukan Kecerdasan

"Hari ini, wasiat saya secara khusus mengarahkan para pelaksananya - serta para wali yang akan menggantikan mereka dalam mengelola harta saya setelah wasiat ditutup - untuk tidak menjual saham Berkshire," tulisnya.

Pada tahun 2010, Warren Buffett ikut mendirikan dan menandatangani The Giving Pledge, sebuah gerakan yang dia mulai bersama Bill dan Melinda Gates untuk mendorong orang yang sangat kaya untuk memberikan lebih dari setengah kekayaan mereka untuk amal. 

Selama beberapa tahun, saham Warren Buffett secara bertahap akan dikonversi dan digunakan untuk upaya amal.

"Wasiat selanjutnya menginstruksikan para pelaksana - dan, pada waktunya, para wali - untuk setiap tahun mengubah sebagian dari saham A saya menjadi saham B dan kemudian mendistribusikan B ke berbagai yayasan," tulisnya. 

Jika tidak ada arahan eksplisit dalam surat wasiat, Warren Buffett mengatakan sahamnya harus ditahan sampai tanggal distribusi yang dijadwalkan. Dan tindakan "aman" adalah menjual saham di bawah kendali sementara mereka dan menginvestasikan kembali hasilnya di Obligasi Treasury AS dengan jatuh tempo yang sesuai dengan tanggal yang dijadwalkan untuk distribusi.

Baca Juga: Cobalah Saran Warren Buffett Ini Jika Masih Takut Berinvestasi

"Strategi itu akan membuat fidusia kebal dari kritik publik dan kemungkinan tanggung jawab pribadi atas kegagalan untuk bertindak sesuai dengan standar 'pria yang bijaksana'," tambahnya.

Warren Buffett mengatakan dia "nyaman" bahwa saham Berkshire "akan memberikan investasi yang aman dan bermanfaat" selama waktu ini, mencatat bahwa ada kemungkinan dia bisa saja salah.

"Saya percaya, bagaimanapun, bahwa ada kemungkinan besar bahwa arahan saya akan memberikan sumber daya yang jauh lebih besar kepada masyarakat daripada yang akan dihasilkan dari tindakan konvensional," katanya. 

"Kunci instruksi 'Berkshire-only' saya adalah keyakinan saya pada penilaian dan kesetiaan direktur Berkshire di masa depan. Mereka akan secara teratur diuji oleh Wall Streeters dengan membayar biaya. Di banyak perusahaan, penjual super ini mungkin menang. Namun, saya tidak berharap itu terjadi di Berkshire," tambahnya. 

Didistribusikan untuk anak-anak dunia

Sementara itu, melansir Money Control, ketika taipan investasi miliarder Warren Buffett meninggal dunia, kemungkinan sebagian dari kekayaannya akan didistribusikan kepada setiap anak di planet ini. 

Pada tahun 2006, CEO Berkshire Hathaway telah berjanji untuk memberikan 85% sahamnya di perusahaan itu untuk amal, dan sebagian besar dialokasikan untuk Yayasan Bill & Melinda Gates. Pada 2010, ia kembali berjanji untuk mendistribusikan kembali 99% kekayaannya untuk filantropi.

Jadi, dari nilai US$ 90 miliar saham Berkshire Buffett, sekitar US$ 56 miliar akan masuk ke Gates Foundation dan US$ 17,4 miliar untuk empat organisasi amal keluarga. Dengan demikian, ada dana sekitar US$ 18,7 miliar tanpa komitmen.  

Selain itu, Warren Buffett dilaporkan ingin miliaran dolarnya dihabiskan dalam waktu 10 tahun setelah kematiannya. 

Tetapi sementara staf Gates Foundation telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mencari tahu di mana harus menyimpan uang karena beberapa penerima hibah Gates Foundation sudah maksimal, seorang mantan karyawan yayasan mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa mereka bertanya pada diri sendiri: “Jika dia meninggal, di mana kita akan menaruh uangnya?"

Baca Juga: Ini Alasan Warren Buffett Tetap Bullish di Sektor Minyak dan Energi

Salah satu ide yang muncul adalah untuk menciptakan bank tabungan anak-anak dunia, di mana setiap anak akan menerima ribuan dolar.  

“Itu sudah dipertimbangkan, seperti rencana pertempuran jika Anda harus mewujudkannya,” kata mantan karyawan itu. 

Warren Buffett belum mengungkapkan rincian bagaimana kekayaannya akan didistribusikan setelah kematiannya. 

Jika Gates Foundation menerima cukup uang untuk mendistribusikannya di antara setiap anak di planet ini, maka hal itu akan membantu meratakan sosial ekonomi di dunia.  
Menurut publikasi tersebut, hal itu mungkin memberi orang tua keamanan finansial yang mereka butuhkan untuk memiliki anak dalam ekonomi saat ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×