Warren Buffett Punya Nasihat Jitu untuk Mereka yang Belum Berani Investasi

Jumat, 19 Agustus 2022 | 11:36 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Warren Buffett Punya Nasihat Jitu untuk Mereka yang Belum Berani Investasi

ILUSTRASI. Bila Anda masih ragu tentang cara berinvestasi saat ini, tak ada salahnya mencoba beberapa saran dari Warren Buffett. REUTERS/Scott Morgan 


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Bukan rahasia lagi bahwa 2022 bukanlah tahun yang hebat bagi investor. Pasar turun secara tajam sejak awal tahun, dan banyak orang yang mengalami pukulan besar pada saldo portofolio mereka.

Ada beberapa alasan mengapa pasar saham bergejolak. Inflasi telah merajalela sejak awal tahun, dan itu membuat Federal Reserve menjadi agresif dengan kenaikan suku bunga. 

Meski kita menghadapi situasi ekonomi yang benar-benar sulit, sekarang sebenarnya bukan waktu untuk berhenti berinvestasi. Justru sebaliknya. Jika Anda khawatir tentang inflasi, inilah saat yang tepat untuk terus memasukkan uang ke pasar, terutama karena banyak saham diperdagangkan dengan harga diskon. 

Namun, bila Anda masih ragu tentang cara berinvestasi saat ini, tak ada salahnya mencoba beberapa saran dari raksasa investasi Warren Buffett.

Melansir Nasdaq.com, Warren Buffett telah lama mengatakan bahwa dana indeks atau index funds adalah pilihan tepat bagi investor biasa yang tidak ingin mengambil risiko dari memuat saham individu. 

Karena itu, jika Anda tidak yakin bagaimana berinvestasi sekarang, pertimbangkan dana indeks S&P 500, yang akan memberi Anda eksposur ke 500 perusahaan publik terbesar saat ini.

Baca Juga: Ini Alasan Warren Buffett Tetap Bullish di Sektor Minyak dan Energi

Manfaat dari rute ini adalah Anda tidak perlu membuang terlalu banyak waktu atau usaha untuk meneliti perusahaan yang berbeda. Anda juga menghindari risiko memilih perusahaan yang pada akhirnya berkinerja buruk dalam waktu dekat.

Memang, ketika cukup banyak perusahaan yang berkinerja buruk, dana indeks S&P 500 dapat kehilangan nilainya. Tetapi semua mengatakan, berinvestasi di pasar yang lebih luas mungkin merupakan taruhan yang lebih aman daripada memasukkan semua telur Anda ke dalam beberapa saham tertentu. 

Jika Anda hebat dalam memilih saham dan memiliki sejumlah perusahaan dalam daftar pantauan Anda saat ini, maka tentu saja, masukkan uang ke dalamnya sekarang. Lakukan hal ini terutama jika Anda dapat membeli saham dengan harga diskon. 

Tetapi jika Anda merasa tersesat di bagian depan investasi, pertimbangkan untuk mengindahkan saran Warren Buffett dan berinvestasi di pasar yang luas.

Baca Juga: Ciri-ciri Saham yang Menjadi Incaran Warren Buffett

Nasihat untuk investor pemula

Mengutip CNBC, bagi investor pemula yang mungkin takut dengan pasar saat ini, "Wolfette of Wall Street" Lauren Simmons membagikan beberapa saran untuk dicoba: Abaikan perasaan Anda.

"Warren Buffett mengatakan jangan pernah berinvestasi dengan emosi," kata wanita berusia 28 tahun itu kepada CNBC Make It. “Jadi, jika Anda berinvestasi karena takut atau sangat bersemangat dan Anda mengejar sesuatu: Jangan.”

Warren Buffett, legenda investasi dan CEO Berkshire Hathaway, tidak mengizinkan kejadian terkini atau berita memengaruhi pengambilan keputusan investasinya, katanya di “Squawk Box” CNBC pada tahun 2018. 

"Apa pun yang terjadi, kita akan membeli saham yang sama hari ini dengan yang kami beli minggu lalu,” katanya.

Itu karena mengubah investasi Anda berdasarkan emosi bertentangan dengan investasi untuk jangka panjang. 

Sebaliknya, begitu Anda menemukan perusahaan yang layak untuk diinvestasikan, tetaplah menggunakannya. 

Baca Juga: Si Warren Buffett India Meninggal Dunia, Tinggalkan Kekayaan Bersih US$ 6 Miliar

“Jika Anda tidak mau memiliki saham selama 10 tahun, jangan pernah berpikir untuk memilikinya selama 10 menit,” kata Buffett dalam surat pemegang sahamnya tahun 1996.

Simmon setuju. “Investasi jangka panjang selalu bertahan,” katanya. “Kita tidak perlu melihat pasar saham setiap hari. Ini seperti melihat cat kering, dan itu akan membuatmu terkena serangan jantung.”

Menurut Simmons, penting juga untuk belajar sebanyak mungkin sebelum berinvestasi.

“Anda tidak akan melewatkan beberapa peluang jika Anda tidak berinvestasi hari ini,” katanya. “Luangkan waktu untuk berinvestasi.” 

Simmons sendiri membutuhkan waktu dua tahun untuk mencari tahu investor seperti apa yang dia inginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru