Global

Warren Buffett kantongi untung 3.000% di kendaraan listrik China, ini kisahnya

Rabu, 27 Januari 2021 | 04:49 WIB Sumber: Businessinsider
Warren Buffett kantongi untung 3.000% di kendaraan listrik China, ini kisahnya

ILUSTRASI. Berkshire Hathaway milik Warren Buffett telah menghasilkan lebih dari US$ 7 miliar dari investasinya di kendaraan listrik China, BYD. REUTERS/Scott Morgan 

KONTAN.CO.ID -  NEW YORK. Berkshire Hathaway yang merupakan perusahaan milik Warren Buffett telah menghasilkan lebih dari US$ 7 miliar dari investasinya di kendaraan listrik China, BYD. Jika dihitung sejak awal investasi hingga saat ini, keuntungannya mencapai 3.000%!

Mengutip Business Insider, Warren Buffett diketahui menghabiskan dana senilai US$ 232 juta untuk membeli 225 juta saham di perusahaan kendaraan listrik China pada tahun 2008, dengan membayar sekitar US$ 1 per saham.

Saham BYD yang terdaftar di Hong Kong telah meroket 30 kali lipat menjadi setara dengan US$ 33 sejak saat itu, naik lima kali lipat nilainya selama setahun terakhir saja. Kapitalisasi pasarnya juga meroket dari sebelumnya US$ 3 miliar menjadi lebih dari US$ 95 miliar.

Warren Buffett pertama kali tertarik untuk membeli BYD karena campur tangan Wakil Ketua Berkshire Charlie Munger. Pada waktu itu, Warren Buffet juga tertarik pada sang pendiri BYD, Wang Chuanfu.

Baca Juga: 6 Tips jitu Warren Buffett untuk melindungi keuangan dari pandemi

"Charlie menelepon saya suatu hari dan berkata, 'Kita harus membeli BYD, orang yang menjalankannya lebih baik dari Thomas Edison,' "kata Warren Buffett kepada CNBC pada 2018.

Munger membuat perbandingan yang sama dalam cerita sampul Fortune pada tahun 2009.

Baca Juga: Warren Buffett: Kejatuhan pasar yang mengerikan sudah di depan mata

"Orang ini adalah kombinasi dari Thomas Edison dan Jack Welch - seperti Edison dalam memecahkan masalah teknis, dan sesuatu seperti Welch dalam menyelesaikan apa yang perlu dia lakukan," kata Charlie pada waktu itu. "Saya belum pernah melihat yang seperti ini."

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie


Terbaru