kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warren Buffett: Investasi Itu Permainan Sederhana


Senin, 13 Februari 2023 / 13:05 WIB
Warren Buffett: Investasi Itu Permainan Sederhana

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Investor legendaris Warren Buffett menyebut investasi sebagai "permainan sederhana". Namun, penasihat keuangan telah meyakinkan kepada publik bahwa investasi lebih sulit daripada yang sebenarnya.

Melansir CNBC, berbicara dalam rapat pemegang saham tahunan Berkshire Hathaway pada pertengahan tahun lalu, Buffett mengecam penasihat keuangan Wall Street karena "menangkap remah-remah yang jatuh dari meja kapitalisme" dan mengatakan bahwa dalam banyak kasus, "monyet" dapat memberikan pengembalian investasi yang lebih baik hanya dengan membuang uang ke perusahaan Amerika.

“Anda dapat membuat monyet melempar anak panah ke halaman, dan, Anda tahu, mengambil biaya manajemen dan segalanya, saya akan bertaruh pada monyet [di atas penasihat],” katanya.

Buffett menunjukkan bagaimana sejak 1941, Dow Jones Industrial Average telah meningkat dari US$ 100 menjadi lebih dari US$ 30.000, dan mengatakan bahwa kebanyakan orang hanya perlu memasukkan uang mereka ke dalam "bisnis Amerika" dan membiarkannya berkembang.

“Sungguh menakjubkan betapa sulitnya orang membuat permainan sederhana,” kata Buffett tentang para penasihat keuangan. 

Dia menambahkan, “Tapi tentu saja, jika mereka memberi tahu semua orang betapa sederhananya permainan itu, 90% pendapatan orang yang berbicara akan hilang.”

Baca Juga: Warren Buffett kepada Orang Tua: Ajari Anak 3 Hal Ini

Buffett telah lama merekomendasikan agar investor menaruh uang mereka dalam dana indeks berbiaya rendah, yang menyimpan setiap saham dalam indeks, membuat mereka terdiversifikasi secara otomatis. S&P 500, misalnya, mencakup perusahaan besar seperti Apple, Coca-Cola, dan Amazon.

Buffett sebelumnya mengatakan kepada CNBC bahwa bagi orang yang ingin membangun tabungan pensiun mereka, dana indeks yang terdiversifikasi paling masuk akal sepanjang waktu.

“Beli secara konsisten dana indeks berbiaya rendah S&P 500,” kata Buffett pada tahun 2017.

Melansir Nasdaq.com, Buffett juga telah lama mengatakan bahwa dana indeks atau index funds adalah pilihan tepat bagi investor biasa yang tidak ingin mengambil risiko dari memuat saham individu.  

Baca Juga: Ini Penjelasan Soal Aturan 5/25 Warren Buffett yang Sangat Populer

Karena itu, jika Anda tidak yakin bagaimana berinvestasi sekarang, pertimbangkan dana indeks S&P 500, yang akan memberi Anda eksposur ke 500 perusahaan publik terbesar saat ini. 

Manfaat dari rute ini adalah Anda tidak perlu membuang terlalu banyak waktu atau usaha untuk meneliti perusahaan yang berbeda. Anda juga menghindari risiko memilih perusahaan yang pada akhirnya berkinerja buruk dalam waktu dekat. 

Memang, ketika cukup banyak perusahaan yang berkinerja buruk, dana indeks S&P 500 dapat kehilangan nilainya. Tetapi semua mengatakan, berinvestasi di pasar yang lebih luas mungkin merupakan taruhan yang lebih aman daripada memasukkan semua telur Anda ke dalam beberapa saham tertentu.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

×