Wajib Tahu, Ini Gejala Paling Umum hingga Gejala Serius Omicron

Senin, 07 Februari 2022 | 08:58 WIB Sumber: livemint.com,Kompas.com
Wajib Tahu, Ini Gejala Paling Umum hingga Gejala Serius Omicron

ILUSTRASI. Demam, batuk, kelelahan, kehilangan rasa atau bau adalah gejala paling umum dari Omicron.


KONTAN.CO.ID - Kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia semakin bertambah banyak semakin hari. Melansir Kompas.com, hingga Kamis (3/2/2022), total kasus Covid-19 akibat penularan varian Omicron di Indonesia mencapai 3.161 kasus. 

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, dari jumlah tersebut, sebanyak 1.661 merupakan pelaku perjalanan dari  luar negeri (PPLN) dan 1.247 berasal dari transmisi lokal. 

"Total kasus Omicron saat ini 3.161 terdiri dari pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) sebanyak 1.661, transmisi lokal 1.247 dan masih dalam pemeriksaan epidemiolog 253," kata Nadia saat dihubungi Kompas.com, Kamis.

Nadia mengatakan, 1.149 orang dari total 3.161 pasien terinfeksi Omicron sudah sembuh. Selain itu, tercatat 324 anak-anak terpapar varian Omicron. 
"Ada 324 orang anak terpapar varian Omicron," ujarnya.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Naik Mendekati Bulan Puasa, Ini Penjelasan Kemenkes

Cara mengetahui terinfeksi Omicron

Karena infeksi varian Omicron Covid-19 terus menyebar ke seluruh dunia, ada laporan bahwa gejala varian ini berbeda dengan varian SARS-CoV-2 lainnya. 

Komplikasi yang terkait dengan infeksi virus corona dapat berlanjut selama berbulan-bulan bahkan setelah pulih. Ini berlaku bahkan untuk pasien yang menderita infeksi ringan hingga sedang. 

Melansir livemint.com, demam, batuk, kelelahan, kehilangan rasa atau bau adalah gejala paling umum dari Omicron.

Dr Sonam Solanki, konsultan pulmonologist dan bronchoscopist, Rumah Sakit Masina mencantumkan gejala Omicron yang harus diwaspadai.

Baca Juga: WHO: Subvarian Omicron BA.2 atau Siluman Lebih Sulit Diidentifikasi

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru