kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wajib tahu! Gejala varian Delta berbeda dengan varian tradisional


Senin, 12 Juli 2021 / 06:00 WIB
Wajib tahu! Gejala varian Delta berbeda dengan varian tradisional

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SYDNEY. Sudah lebih dari 18 bulan kita hidup dengan pandemi. Pada awal pandemi, lembaga pemerintah dan otoritas kesehatan di berbagai negara bergegas menginformasikan masyarakat tentang cara mengidentifikasi gejala virus.

Sayangnya, virus corona juga telah berevolusi. Ini juga mengubah gejala virus paling umum yang dialami seseorang. 

Melansir The Conversation, data yang muncul menunjukkan, orang yang terinfeksi varian Delta mengalami gejala yang berbeda dengan gejala yang biasa kita kaitkan dengan Covid-19 di awal pandemi.

Kita semua berbeda

Manusia sangat dinamis. Dengan perbedaan yang kita miliki, sistem kekebalan tubuh kita juga berbeda. Ini berarti virus yang sama dapat menghasilkan tanda dan gejala yang berbeda dengan cara yang berbeda pada setiap orang.

Tanda yang dimaksud adalah sesuatu yang terlihat, seperti ruam. Sedangkan gejala adalah sesuatu yang dirasakan, seperti sakit tenggorokan.

Baca Juga: Butuh lama sembuh dari Covid-19, kenali gejala, cara mengatasi & mencegah long covid

Cara virus menyebabkan penyakit tergantung pada dua faktor utama:

1. Faktor virus termasuk hal-hal seperti kecepatan replikasi, cara penularan, dan sebagainya. Faktor virus berubah saat virus berevolusi.

2. Faktor tuan rumah khusus untuk individu. Usia, jenis kelamin, obat-obatan, diet, olahraga, kesehatan dan stres semua dapat mempengaruhi faktor tuan rumah.

Baca Juga: Risiko orang yang tak divaksin corona: Bisa alami long Covid

Jadi ketika kita berbicara tentang tanda dan gejala virus, kita mengacu pada apa yang paling umum. Untuk memastikan hal ini, kami harus mengumpulkan informasi dari kasus-kasus individual.

Penting untuk dicatat bahwa data ini tidak selalu mudah dikumpulkan atau dianalisis untuk memastikan tidak ada bias. Misalnya, orang yang lebih tua mungkin memiliki gejala yang berbeda dengan orang yang lebih muda, dan pengumpulan data dari pasien di rumah sakit mungkin berbeda dengan pasien di klinik dokter umum.



TERBARU

×