Vaksinasi Covid-19 dosis ketiga untuk nakes akan dimulai pekan depan

Minggu, 11 Juli 2021 | 05:15 WIB   Reporter: Vendy Yhulia Susanto
Vaksinasi Covid-19 dosis ketiga untuk nakes akan dimulai pekan depan

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Vaksinasi Covid-19 dosis ketiga untuk tenaga kesehatan akan mulai berjalan pekan depan. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, rencana vaksinasi dosis ketiga tersebut telah disetujui oleh KPC PEN.

Lantaran kondisi vaksinasi yang belum mencapai target saat ini, vaksinasi dosis ketiga hanya akan diberikan kepada tenaga kesehatan sebagai garda terdepan penanganan covid-19.

Budi menyatakan, hal ini telah dikonsultasikan dan disetujui oleh BPOM dan ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization).

Baca Juga: Antibodi vaksin Covid-19 Sinovac disebut kurang mampu menghadapi varian Gamma

“BPOM dan ITAGI dan sudah menyetujui akan diberikan (dosis ketiga vaksin Covid-19). Ini menggunakan vaksin Moderna sehingga bisa memberikan kekebalan yang maksimal. Rencananya vaksin Moderna akan datang hari Minggu, diharapkan mulai pekan depan sudah bisa dimulai,” ujar Budi saat konferensi pers virtual, Jumat (9/7).

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, vaksinasi Covid-19 dosis ketiga akan dilakukan kepada 1,47 juta tenaga kesehatan. Teknisnya akan diatur lebih lanjut oleh Kementerian Kesehatan.

Sebagai informasi, berdasarkan data vaksinasi per 9 Juli, sebanyak 35.775.567 orang telah mendapat vaksinasi pertama. Serta 14.868.577 orang telah mendapat vaksinasi kedua. Adapun target vaksinasi adalah 181.554.465 masyarakat Indonesia.

Selanjutnya: Ini 9 kebijakan Menkeu untuk jaga ekonomi dan kesehatan saat PPKM Darurat

 

Editor: Khomarul Hidayat
Terbaru