kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Vaksin melindungi tubuh dari gejala corona di level berat hingga mematikan


Selasa, 16 Februari 2021 / 10:50 WIB
Vaksin melindungi tubuh dari gejala corona di level berat hingga mematikan

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seseorang yang sudah divaksinasi Covid-19 masih mungkin tertular virus corona. Hal itu diungkapkan oleh Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi. 

Namun demikian, vaksinasi membuat tubuh orang tersebut menjadi lebih kuat dari serangan virus. "Masih mungkin dia untuk diserang virus Covid-19. Tapi dengan dia punya vaksin dia punya pertahanan yang artinya nanti membuat dia tidak menjadi sakit," kata Nadia melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (15/2/2021). 

Nadia mengatakan, hasil uji klinis terhadap vaksin Covid-19 menyebutkan bahwa vaksin tersebut melindungi tubuh dari gejala virus corona di level berat hingga mematikan. 

Oleh karenanya, vaksin diharapkan menjadi solusi bagi seseorang yang terserang virus corona, bahkan dengan jumlah virus yang lebih banyak dan kuat. 

Baca Juga: Wujud kehati-hatian, ini aturan vaksinasi Covid-19 bagi lansia

"Jadi kita bisa melihat proteksi yang betul-betul diberikan oleh vaksin ini adalah mencegah kita kalau sakit menjadi sakitnya bertambah parah," terang Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Ditjen P2P Kemenkes itu. 

Menurut Nadia, vaksin akan membentuk antibodi atau imunogenitas pada orang yang telah disuntik. Ketika seseorang disuntik vaksin dosis pertama, diperkirakan antibodi yang terbentuk mencapai 60%.

Baca Juga: Pemerintah masih menggodok regulasi pelibatan swasta dalam vaksinasi Covid-19

Antibodi diharapkan meningkat menjadi 95% 28 hari setelah penyuntikan dosis kedua. Oleh karenanya, kata Nadia, penyuntikan vaksin dosis kedua menjadi sangat penting. 

"Jadi sebagian besar dari vaksin untuk Covid-19 ini imunogenitas atau antibodi yang kita harapkan lebih dari 95%. Itu baru bisa tercapai setelah dua kali suntikan dalam rentang waktu tertentu," kata dia. 

Adapun vaksinasi Covid-19 di Indonesia telah dimulai sejak 13 Januari 2021. Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama di Tanah Air yang disuntik vaksin. 

Saat ini vaksinasi terus berlanjut ke seluruh pelosok negeri dan memprioritaskan tenaga kesehatan. Ditargetkan vaksinasi menjangkau 70% penduduk Indonesia atau sekitar 182 juta jiwa dan selesai dalam waktu satu tahun.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenkes: Orang yang Sudah Divaksin Covid-19 Masih Mungkin Tertular Virus Corona"
Penulis : Fitria Chusna Farisa
Editor : Dani Prabowo

Selanjutnya: Gunakan sistem klaster, warga daerah PPKM jadi prioritas vaksinasi Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×