Vaksin Covid-19 Moderna akan digunakan dalam vaksinasi nasional, ini efek sampingnya

Kamis, 08 Juli 2021 | 05:10 WIB Sumber: Kompas.com
Vaksin Covid-19 Moderna akan digunakan dalam vaksinasi nasional, ini efek sampingnya

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Vaksinasi nasional akan menggunakan vaksin Covid-19 buatan Moderna. Sebelum Anda disuntik vaksin Covid-19 buatan Moderna, kenali efek samping yang bisa terjadi.

Sepertik diketahui, sebanyak empat juta dosis vaksin ini berbasis mRNA ini akan segera tiba dari Amerika Serikat. BPOM sudah memberikan izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 Moderna di Indonesia.

Setibanya di tanah air, bantuan vaksin Covid-19 dari Moderna akan segara didistribusikan ke masyarakat. Seperti dimuat di Kompas.com pada (02/07/2021), vaksin Covid-19 dari Moderna ini akan dipakai dalam program vaksinasi pemerintah.

Penerima vaksin Covid-19 dari Moderna dibatasi untuk usia dewasa yakni di atas 18 tahun. Dikutip dari Medical News Today, vaksin Covid-19 dari Moderna ini diberikan dalam dua dosis dengan interval 28 hari lamanya.

Vaksin Covid-19 dari Moderna sudah banyak digunakan di AS dan sejumlah negara Eropa lainnya. Vaksin Covid-19 dari Moderna mirip dengan Pfizer, dikembangkan dengan memberikan informasi genetik kepada tubuh untuk menghasilkan protein virus atau bakteri.

Protein ini memicu respons imun dan produksi antibodi spesifik, mempersiapkan tubuh untuk melawan infeksi jika bersentuhan dengan patogen di masa depan.

Vaksin Covid-19 dari Moderna ini hanya membawa informasi yang diperlukan untuk membuat sebagian kecil dari virus. Tidak mengandung virus SARS-CoV-2, dan tidak dapat menyebabkan COVID-19.

Meski demikian, ada sejumlah efek samping yang ditunjukkan dari penggunaan vaksin Covid-19 dari Moderna. Kita perlu mengetahui efek samping vaksin Covid-19 dari Moderna untuk memahami lebih jauh penanganan pasca vaksinasi.

Baca juga: Kasus Covid-19 meledak, simak ciri-ciri dan cara mengatasi long covid

Berdasarkan data uji klinik ketiga, vaksin Covid-19 dari Moderna berisiko menyebabkan efek samping berupa:

  • Kelelahan sebanyak 70 persen
  • Sakit kepala sebanyak 64,7 persen
  • Nyeri otot sebanyak 61,5 persen
  • Nyeri sendi sebanyak 46,4 persen
  • Kedinginan sebanyak 5,4 persen
  • Mual dan muntah sebanyak 23 persen
  • Demam sebanyak 15 persen

Data yang sama juga menyebutkan, efek samping vaksin Covid-19 dari Moderna lebih sering dilaporkan setelah pemberian dosis kedua dan berlangsung selama dua sampai tiga hari. Ada pula sejumlah keluhan di lokasi suntikan seperti nyeri, bengkak, pembengkakan kelenjar getah bening ketiak dan kemerahan.

Simak efek samping vaksin Covid-19 Moderna di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru