kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Usai Akuisisi Hipernet Indodata, XL Axiata (EXCL) Masih Lanjutkan Ekspansi Bisnis


Senin, 28 Maret 2022 / 07:05 WIB
Usai Akuisisi Hipernet Indodata, XL Axiata (EXCL) Masih Lanjutkan Ekspansi Bisnis

Reporter: Muhammad Julian | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) menyatakan masih akan terus melanjutkan ekspansi usai mengakuisisi PT Hipernet Indodata. 

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan, ekspansi bisnis EXCL akan berfokus pada 3 prioritas. Pertama, EXCL akan menjaga pertumbuhan. Hal ini akan dilakukan dengan cara  melakukan investasi pembangunan infrastruktur data, baik base transceiver station (BTS), fiber di hampir seluruh wilayah luar Jawa).

Prioritas kedua, EXCL akan mengejar operational excellence. Hal ini salah satunya dilakukan melalui digitalisasi. Prioritas ketiga, EXCL akan berfokus pada pelanggan, salah dengan dengan cara memastikan kebutuhan jaringan berkualitas terpenuhi pada 2022, melalui peningkatan kapasitas dan efisiensi.

Baca Juga: Perluas Cakupan Bisnis, EXCL Akuisisi 51 Persen Saham PT Hipernet Indodata

“Semuanya tersebut untuk mendukung upaya kami mewujudkan visi kami menjadi #1 Converged Operator di Indonesia,”  ujar Perempuan yang akrab dengan sapaan “Ayu” tersebut kepada Kontan.co.id (27/3).

Tahun ini, EXCL sudah beberapa kali melakukan transaksi akuisisi. Di awal tahun, EXCL menyepakati Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat (PJB) untuk mengakuisisi 66,03% saham PT Link Net Tbk (LINK) yang dimiliki oleh Asia Link Dewa Pte. Ltd. dan PT First Media Tbk.

Usai mencaplok LINK, EXCL juga EXCL telah menandatangani perjanjian pembelian saham bersyarat pada 22 Maret 2022 dengan pemegang saham eksisting Hipernet Indodata. Dengan begitu, Nantinya XL akan menjadi pemegang saham mayoritas PT Hipernet Indodata dengan kepemilikan 2.805 lembar saham, setara 51 persen saham PT Hipernet Indodata.

Ayu menjelaskan, transaksi akuisisi yang dilakukan EXCL bertujuan  meningkatkan daya saing EXCL serta mendukung upaya perusahaan mewujudkan visi sebagai operator konvergensi terdepan di tengah dinamika persaingan bisnis yang semakin ketat di industri telekomunikasi di Indonesia.

 

Ayu tidak secara gamblang menerangkan apakah EXCL akan kembali melakukan aksi akuisisi lagi atau tidak ke depannya di tahun ini. Yang terang, Ayu memastikan bahwa EXCL terbuka terhadap berbagai kemungkinan yang ada.

“Kami senantiasa terbuka dengan berbagai opsi/kemungkinan untuk melakukan aksi korporasi, yang tentunya semuanya menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan juga dinamika yang terjadi di industri,” pungkas Ayu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×