kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Universitas terbaik di Indonesia 2021, pilihan untuk SBMPTN tahun depan


Senin, 21 Desember 2020 / 13:52 WIB
Universitas terbaik di Indonesia 2021, pilihan untuk SBMPTN tahun depan

Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Jadwal SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021 sudah diumumkan. Bagi siswa kelas 12 sebaiknya mulai mencari mana universitas terbaik di Indonesia yang akan dipilih. 

Berkuliah di universitas bergengsi tentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Tidak heran jika banyak siswa berlomba agar bisa berkuliah di universitas terbaik. 

QS World University Rankings (QS WUR) merilis daftar universitas terbaik dunia termasuk Indonesia untuk tahun 2021. Dari daftar ini, kalian bisa mulai mempersiapkan diri dari sekarang.

QS WUR merilis 1.000 peringkat universitas terbaik dari seluruh negara. QS menggunakan 6 aspek dalam menilai kualitas universitas.

Aspek tersebut: reputasi akademik, reputasi lulusan, rasio mahasiswa dan pengajar, jumlah karya ilmiah, international faculty, dan rasio mahasiswa asing. 

Mana saja kampus dengan predikat terbaik di Indonesia? Berikut daftar universitas terbaik di Indonesia versi QS WUR 2021:

universitas terbaik di Indonesia

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas negeri yang terletak di Yogyakarta ini berhasil menduduki peringkat satu. Universitas Gadjah Mada (UGM) berdiri tahun 1949 dan memiliki 18 fakultas.

UGM menduduki peringkat 254 dunia dan 70 Asia. Beberapa jurusan di UGM masuk dalam jurusan terbaik di dunia. Beberapa jurusan tersebut di antaranya: sosiologi, geografi, seni budaya, hukum, kedokteran, serta bisnis dan manajemen.

universitas terbaik di Indonesia

Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia meraih peringkat dua universitas terbaik di Indonesia. Universitas yang terletak di Depok ini memang memiliki reputasi yang jempolan. 

UI menempati peringkat 305 dunia dan 59 Asia. Jurusan di UI ada yang masuk di jurusan terbaik dunia. Beberapa jurusan tersebut di antaranya: modern languages, geografi, akuntansi dan keuangan, ilmu komputer, dan teknik kimia.

Baca Juga: Kembali dibuka, ini persyaratan Beasiswa Fulbright

universitas terbaik di Indonesia

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Di peringkat ketiga universitas terbaik di Indonesia ditempati oleh ITB. Universitas ini masuk dalam jajaran universitas di Indonesia yang paling diincar oleh siswa. 

ITB menduduki peringkat 313 dunia dan 66 Asia. Jurusan di ITB juga masuk daftar terbaik di dunia. Jurusan tersebut di antaranya: Teknik perminyakan, arsitektur, teknik sipil, teknik mesin, serta fisika dan astronomi.



TERBARU

×