kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Uni Eropa Harus Memandang China Lebih Sebagai Kompetitor


Rabu, 19 Oktober 2022 / 04:45 WIB
Uni Eropa Harus Memandang China Lebih Sebagai Kompetitor

Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  BRUSSELS. Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan, Uni Eropa harus lebih mengakui China sebagai pesaing dan mengurangi ketergantungan ekonominya pada China.

Hal itu mengemuka saat Uni Eropa berupaya menyempurnakan hubungannya dengan Beijing.

Layanan Tindakan Eksternal Eropa, yang dipimpin Borrell, mengatakan dalam makalah lima halaman yang disiapkan untuk pertemuan para menteri luar negeri di Luksemburg bahwa UE harus mengejar "keterlibatan yang realistis dan kuat."

Blok tersebut telah menganggap China sejak 2019 sebagai mitra, pesaing ekonomi yang tangguh, dan saingan sistemik. Borrell mengatakan kepada wartawan setelah pertemuan menteri Senin bahwa peran pesaing menjadi lebih sentral.

Baca Juga: Kinerja Ekspor Tahun Depan Diproyeksi Menciut, Ini Pemicunya

"Pesan dari China sekarang adalah salah satu persaingan," katanya, serta keberhasilan ekonomi China dan keinginan untuk mempengaruhi di Afrika, Asia, Amerika Latin dan di tempat lain.

Eropa harus mengurangi ketergantungannya dengan mendiversifikasi rantai pasokan untuk teknologi dan bahan baku penting dan menghindari kerentanan baru. "Sekarang kita berbicara tentang ketergantungan kita, kerentanan kita dari gas Rusia. Kita harus menghindari membuat yang baru," katanya.

Para pemimpin Uni Eropa akan membahas hubungan dengan China pada pertemuan puncak dua hari mulai Kamis, memulai proses yang digambarkan para pejabat sebagai "penyesuaian" hubungan.

Pertemuan Senin itu terjadi sehari setelah pidato kebijakan utama oleh Presiden China Xi Jinping. Borrell mengatakan Xi telah membuat "pernyataan yang sangat kuat" tentang keinginan China untuk memiliki pengaruh di seluruh dunia.

Baca Juga: Sejumlah Daerah di China Hadapi Defisit Anggaran, Ini Penyebabnya

Koran Uni Eropa mengatakan Beijing secara sistematis mempromosikan "visi alternatif tatanan dunia," di mana pembangunan ekonomi dan sosial lebih diutamakan daripada hak-hak politik dan sipil.

Blok tersebut masih percaya masuk akal untuk terlibat dengan China sebagai mitra dalam isu-isu seperti perubahan iklim.

Para diplomat Uni Eropa mengatakan Brussels khawatir bahwa Xi menempatkan China pada jalur yang semakin otoriter dan tidak nyaman dengan kemitraan China dengan Rusia. "Tujuannya bukan untuk mengubah kebijakan ini secara radikal, tetapi, jelas hal-hal telah terjadi," kata seorang pejabat Uni Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

×