kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Uji Coba LRT Jabodebek Berlangsung 12 Juli-15 Agustus 2023, Tarif Rp 1


Kamis, 08 Juni 2023 / 10:16 WIB
Uji Coba LRT Jabodebek Berlangsung 12 Juli-15 Agustus 2023, Tarif Rp 1
ILUSTRASI. Pendaftaran peserta soft launching LRT Jabodebek akan dibuka pada 10 Juli 2023 secara online. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Siapa yang ingin merasakan uji coba LRT Jabodebek? Nah, ini informasi yang harus Anda simak. 

Pendaftaran peserta soft launching LRT Jabodebek akan dibuka pada 10 Juli 2023 secara online. Masyarakat yang mengikuti uji coba terbatas akan dikenakan tarif Rp 1. 

Manager Public Relation LRT Jabodebek Kuswardoyo mengatakan, link pendaftaran soft launching LRT Jabodebek akan dibagikan di media sosial resmi LRT Jabodebek pada 10 Juli mendatang. 

Salah satunya pada media sosial Instagram @lrt_jabodebek. 

Adapun uji coba dengan penumpang secara terbatas ini dijadwalkan berlangsung selama 12 Juli sampai 15 Agustus 2023. 

"Nanti masyarakat bisa akses medsos kita kemudian nanti di situ ada link, bagi masyarakat yang hendak ikut uji coba terbatas ini nanti mereka bisa mendaftarkan di situ," ujarnya saat media gathering di Kantor Pusat KAI, Bandung, Rabu (7/6/2023). 

Baca Juga: 17 Proyek Strategis Nasional Sektor Transportasi Ditargetkan Rampung 2023-2024

Pada soft launching ini, pihaknya batal menerapkan tarif gratis lantaran ingin menerapkan sistem pembayaran non-tunai (cashless) agar masyarakat terbiasa menggunakan LRT Jabodebek mulai dari gerbang pembayaran. 

Sementara itu, sistem cashless ini rupanya tidak dapat mendeteksi pembayaran dengan tarif Rp 0, oleh karenanya pihak LRT Jabodebek menerapkan tarif Rp 1 pada saat launching mendatang. 

Dengan demikian, masyarakat perlu menyiapkan kartu uang elektronik untuk melakukan pembayaran saat tapping masuk stasiun. 

"Sehingga nanti kami bisa melihat apakah sistem yang kita gunakan itu bisa berjalan atau tidak, normal atau tida. Makanya kemudian kami terapkan sistem Rp 1 pada saat nanti kita melakukan uji coba nanti," ucapnya. 

Pada uji coba ini, masyarakat yang dapat ikut serta akan dibatasi. Oleh karenanya, masyarakat yang mendaftar lebih dulu akan berpeluang lebih besar untuk dapat mengikuti soft launching LRT Jabodebek. 

Baca Juga: Menhub Bahas Perkembangan Kerja Sama Proyek MRT Rute Fatmawati-TMII dan LRT Bali

Dia menyebut, kuota peserta soft launching maksimal sebanyak 150 orang untuk satu kali perjalanan. Namun dia belum dapat memastikan dalam satu hari akan dilakukan berapa kali perjalanan sehingga total kuota peserta soft launching LRT Jabodebek masih belum dapat dipastikan. 

"Ya nanti, kami masih bahas di internal kita akan berapa perjalanan yang dimungkinkan untuk soft launching," kata dia. 

Adapun nantinya para peserta soft launching LRT Jabodebek akan diberangkatkan di tiga titik keberangkatan, yaitu Stasiun Harjamukti di Depok, Stasiun Jatimulya di Bekasi, dan Stasiun Dukuh Atas di Jakarta Selatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingin Ikut Uji Coba LRT Jabodebek? Daftar "Online" Dulu Mulai 10 Juli 2023"
Penulis : Isna Rifka Sri Rahayu
Editor : Aprillia Ika
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×