Nasional

UGM, UI, ITB, 8 Universitas terbaik Indonesia versi QS World University Rankings 2021

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 10:48 WIB   Reporter: Adi Wikanto
UGM, UI, ITB, 8 Universitas terbaik Indonesia versi QS World University Rankings 2021

ILUSTRASI. UGM termasuk Universitas terbaik Indonesia versi QS World University Rankings 2021


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Sejumlah perguruan tinggi di indonesia masuk dalam daftar unitversitas terbaik di dunia. Universitas terbaik di Indonesia itu bukan hanya perguruan tinggi negeri, tapi ada juga perguruan tinggi swasta.

Daftar universitas terbaik di dunia ini dipublikasikan melalui QS World University Rankings. Ada delapan perguruan tinggi di Indonesia yang masuk daftar universitas terbaik di dunia dalam QS World University Rankings 2021.

Namun bukan Universitas Indonesia (UI) yang menjadi universitas terbaik di Indonesia. Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta menjadi universitas terbaik di Indonesia dalam QS World University Rankings 2021.

Hanya saja, jumlah universitas terbaik di Indonesia yang masuk dalam peringkat global malah berkurang. Bahkan, jumlah universitas terbaik di Indonesia dalam QS World University Rankings kalah banyak dibandingkan negara tetangga, Malaysia.

Baca juga: Hanya Rp 100-an juta, lelang mobil sitaan pajak Honda Freed & Honda City

QS World University Rankings diluncurkan sejak tahun 2004. Ini adalah peringkat universitas paling populer di dunia yang membandingkan kualitas masing-masing perguruan tinggi.

QS World University Rankings dikelola oleh Quacquarelli Symond, lembaga penyedia layanan analisa internasional di sektor pendidikan. Terbaru, QS World University Rankings publikasikan rangking universitas terbaik di dunia dalam QS World University Rankings 2021.

Sejumlah universitas terbaik di Indonesia berhasil masuk jajaran rangking dunia. Hanya saja jumlah universitas terbaik Indonesia di QS World University Rankings 2021 berkurang dibandingkan dengan QS World University Rankings 2020.

Simak halaman selanjutnya untuk daftar universitas terbaik di Indonesia
 

Editor: Adi Wikanto


Terbaru